Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
EDUKASI PANEL SURYA SEBAGAI SALAH SATU TEKNOLOGI ENERGI TERBARUKAN UNTUK PEMBELAJARAN DI SMK ISLAM SAID NA’UM
Ariep Jaenul, Arisa Olivia, Febria Anjara, Ananda Rama Pratama, Muhammad Azril Aryandi

Last modified: 2023-12-28

Abstract


Energi terbarukan, khususnya panel surya, telah menarik perhatian dunia sebagai respons terhadap tantangan energi dan perubahan iklim. Namun pemahaman teknologi ini seringkali belum optimal terutama dikalangan pelajar. Sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat, artikel ini memaparkan upaya pendidikan panel surya di SMK Islam Said Na'um Jakarta. Inisiatif ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan siswa tentang prinsip, keunggulan dan penerapan panel surya dalam konteks energi terbarukan. Dari kegiatan yang telah dilakukan adalah mulai dari Edukasi Panel Surya di SMK Islam Said Naum berjalan lancar dan kondusif. Melalui implementasi kegiatan pengenalan teknologi panel surya di SMK Islam Said Na'um, memberikan perubahan positif yang signifikan dalam pemahaman siswa tentang energi terbarukan.

Keywords


renewable energi; panel surya; edukasi; off grid

References


Duckers L, H. U. (2020). Transition to Low Carbon Electrical Generation for Indonesia. J Sustain Res, 2(3), 1-16.

Jaenul A, W. S. (2021). Rancang Bangun Pemanfaatan Solar Cell 100 Wp Untuk Charger Handphone Di Taman Bambu Jakarta Timur. Proc Semin Nas Penelit dan Pengabdi pada Masy, 194-8.

Khotama R, S. D. (2020). Perancangan Sistem Optimasi Smart Solar Electrical pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan Metode Tracking Dual Axis Technology. J Ecotipe (Electronic, Control Telecommun Information, Power Eng., 7(2), 78-84.

Maghfiroh H, A. F. (2022). Pengenalan Teknologi Energi Terbarukan Panel Surya Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp). INTEGRITAS J Pengabdi, 6(2), 406.

N, H. (2021). Aplikasi Tenaga Surya sebagai Sumber Energi Alternatif. Abdimasku J Pengabdi Masy, 4(1), 43.

Full Text: PDF | 283-289