Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
INOVASI APLIKASI GEMA SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN ANAK PADA SLB AUTIS BUNDA
Dolly Indra, Lutfi Budi Ilmawan, Umar Mansyur

Last modified: 2023-12-28

Abstract


Dalam pengabdian masyarakat ini kami sebagai pengabdi berkolaborasi dengan Sekolah Luar Biasa (SLB) Autis Bunda yang menghadapi tantangan terkait ketersediaan media pembelajaran berbasis digital. Selama ini, sekolah ini telah mengandalkan metode konvensional seperti ceramah, papan tulis, dan pengajaran melalui kertas dan pensil. Tujuan utama dari pengabdian ini adalah menerapkan sistem pembelajaran digital berbasis android yang inovatif di SLB Autis Bunda. Metode pelaksanaan pengabdian ini meliputi observasi, wawancara, perancangan aplikasi, sosialisasi, pelatihan, dan penerapan aplikasi bernama "GEMA" (Game dan Edukasi Mobile untuk Anak).  Selain itu, pengabdian ini juga melibatkan evaluasi terhadap 11 guru SLB Autis Bunda untuk mengukur peningkatan pengetahuan mereka tentang aplikasi mobile. Hasil evaluasi ini disusun berdasarkan uji pretest dan posttest, di mana rata-rata nilai pretest awalnya mencapai 59.55 dan mengalami peningkatan menjadi 88.64 pada posttest.

Keywords


slb; aplikasi mobile; android; aplikasi gema

References


Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran Mobile Learning sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 47. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245

Aryatama, A., & Yunita, H. D. (2021). Penerapan Aplikasi Ujian Sekolah Dasar Berbasis Android Pada Sdn Gotong Royong Bandar Lampung. Jurnal Cendikia, 21(2), 216–9436.

Devega, A. T., Giatman, M., Zulatama, A., & Ropianto, M. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Android Pada Sekolah Dasar. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(1), 117. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i1.115638

Hamidah, A., & Nisa, C. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator (SAC) pada Sekolah Dasar. Cendekia, 14(1), 177–189.

Kholifah, U., & Imansari, N. (2022). Pelatihan Membangun Aplikasi Mobile Menggunakan Kodular Untuk Siswa Smpn 1 Selorejo. Abdimas Galuh, 4(1), 549. https://doi.org/10.25157/ag.v4i1.7259

Listiono, E. D., Surahman, A., & Sintaro, S. (2021). Ensiklopedia Istilah Geografi Menggunakan Metode Sequential Search Berbasis Android Studi Kasus : Sma Teladan Way Jepara Lampung Timur. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 35. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Khumairani Putri. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 422–427.

Prasetyo, H., Kristiyanto, A., & Doewes, M. (2018). Penerapan Mobile Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 11–14.

Pribadi, R. ., Zaenab, S., & Despriyanti, R. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 07(02), 552–567.

Putri, R. E., & Efendi, I. (2023). Penerapan Aplikasi Bahasa Inggris Berbasis Android untuk Meningkatakan Kosakata Siswa Sekolah Dasar. GENDIS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 69–72. https://doi.org/10.56724/gendis.v1i2.235

Rurut, M., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile di Sekolah Dasar. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 212–223. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i2.4562

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Full Text: PDF | 290-297