PENGUATAN TATA KELOLA ORGANISASI MELALUI DIGITALISASI INFORMASI
Intan Rawit Sapanti, Sri Winiarti, Fitrinanda An Nur
Last modified: 2023-12-28
Abstract
Perkembangan globalisasi mendorong terjadinya pergerakan aliran modal dan investasi ke berbagai penjuru dunia, terjadi pula migrasi penduduk atau pergerakan tenaga kerja antar negara. Korea Selatan merupakan salah satu negara maju yang menjadi tujuan pelajar dan pekerja Indonesia karena perkembangan elektronik, Pendidikan, teknologi, serta industry hiburannya. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan penguatan tata Kelola organisasi melalui digitalisasi informasi dengan mengembangkan system informasi website yang dikelola oleh PCIM Korea Selatan serta memberikan pelatihan pemanfaatan media sosial melalui videografi kreatif. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan secara blended dengan menggabungkan kegiatan secara daring dan luring. Kegiatan pengabdian ini terbagi menjadi koordinasi awal, focus group discussion untuk menganalisis kebutuhan user, pembuatan system informasi, pelatihan bagi admin, serta pelatihan pemanfaatan media sosial melalui videografi kreatif. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini telah berhasil membuatkan website berbasis system informasi yang dikelola oleh PCIM Korea Selatan, serta peningkatan pemahaman terkait pemanfaatan media sosial melalui videografi kreatif.
Keywords
tata kelola organisasi; digitalisasi informasi; system informasi
References
S. Abas, "Model Pemberdayaan TKI Pasca Migrasi melalui Ekonomi Produktif Menuju Keluarga Sakinah," MUADDIB , vol. 04, no. 01, pp. 1-19, 2014.
sonya-michaela, " https://www.idntimes.com/news/world/sonya-michaella/dua-dekade-terakhir-jumlah-tki-di-korsel-melonjak-tinggi," 22 Agustus 2022. [Online]. Available: https://www.idntimes.com/news/world/sonya-michaella/dua-dekade-terakhir-jumlah-tki-di-korsel-melonjak-tinggi.
G. Terry, Etika Pemerintahan, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
M. Manopo, "Fungsi Koordinasi Pemerintah Desa dalam Pelaksanaan Pembangunan," Eksekutif, vol. 2, no. 2, pp. 11-20, 2017.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/20
23/09/26/daftar-media-sosial-terpopuler-didunia-april-2023-facebook-masih-juara
Dan Zarella.2010.The Social Media Marketing Book. O’Reilly Media, Inc
Rees, S. (2020). Public Relations, Branding and Authenticity: Brand Communications in the Digital Age (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429022685
Eagle, L., Czarnecka, B., Dahl, S., & Lloyd, J. (2020). Marketing Communications (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003089292