Font Size:
PELATIHAN ROBOTIK BERBASIS STEM SEBAGAI ALAT BANTU PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) BUKHARI MUSLIM
Last modified: 2023-12-22
Abstract
Pendidikan berkualitas merupakan kunci bagi kemajuan dan kemakmuran suatu negara, dengan kemampuan kognitif siswa memegang peran sentral dalam perkembangan mereka. Program pendidikan yang berfokus pada pengayaan kemampuan kognitif siswa menjadi sangat penting. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dengan media robotik dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa di sekolah dasar, serta membantu mengembangkan kreativitas, kemampuan pemecahan masalah, dan berpikir kritis. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa melalui pembelajaran robotic berbasis STEM. Tujuannya adalah agar siswa dapat melatih fokus Ketika merangkai robot dan mengasah kemampuan problem solving untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya. Dalam konteks SDIT Bukhari Muslim, pelatihan Robotik Berbasis STEM sebagai Alat Bantu Peningkatan Kemampuan Kognitif diharapkan dapat membantu siswa dalam menghadapi tantangan global di masa depan. Luaran dari pelatihan ini adalah robot yang sudah dirakit sebagai alat peraga. Selain itu, indikator keberhasilan pelatihan adalah bahwa siswa didampingi oleh guru dapat merakit robot sesuai dengan modul yang telah disediakan dan mengikuti modul pembelajaran robotic yang sudah dibuat oleh tim serta terlibat aktif dalam pembelajaran dengan bukti dokumentasi dan laporan.
Keywords
robotik; stem; kognitif; sekolah dasar
References
Fardiah, F., Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254
Kálózi-Szabó, C., Mohai, K., & Cottini, M. (2022). Employing Robotics in Education to Enhance Cognitive Development—A Pilot Study. Sustainability (Switzerland), 14(23). https://doi.org/10.3390/su142315951
Liu, Y., Odic, D., Tang, X., Ma, A., Laricheva, M., Chen, G., Wu, S., Niu, M., Guo, Y., & Milner-Bolotin, M. (2023). Effects of Robotics Education on Young Children’s Cognitive Development: a Pilot Study with Eye-Tracking. Journal of Science Education and Technology. https://doi.org/10.1007/s10956-023-10028-1
Supriyanto, S. Z. (n.d.). Pengelolaan Ekstrakurikuler Robotik dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pasuruan.
Full Text:
PDF | 104-109