Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
MEMPERKENALKAN APLIKASI BELAJAR MATEMATIKA KEPADA SISWA-SISWI MTS MUHAMMADIYAH GANTUNG
Imaduddin Albani Herlambang, Fikriyah Fikriyah, Eko Pratama

Last modified: 2023-12-28

Abstract


Di Era digital saat ini kita perlu meningkatkan pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi, dikarenakan semakin hari teknologi itu sangat berkembang pesat, oleh karena itu kita semua dituntut untuk mengerti bagaimana cara menggunakan teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang selalu kita pakai setiap hari yaitu HP atau biasa disebut gadget. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi serta pelatihan terkait aplikasi belajar matematika agar mempermudah siswa dan siswi dalam memahami matematika serta memberikan pemahaman mengenai penggunaan HP atau gadget di era digital agar lebih berguna melalui aplikasi belajar matematika. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode sosialisasi dan pengenalan aplikasi belajar matematika serta memberikan pelatihan langsung bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut kepada siswa dan siswi MTs Muhammadiyah Gantung. Dari kegiatan yang telah dilaksanakan, masih ada beberapa siswa yang masih belum memahami teknologi informasi dan komunikasi dikarenakan belum memiliki HP atau gadget. Hasil dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini, siswa dan siswi mampu menggunakan aplikasi belajar matematika untuk mempermudah proses pembelajaran matematika dan siswa siswi mampu memanfaatkan HP atau gadget agar lebih bermanfaat.

Keywords


teknologi; gadget; aplikasi belajar matematika; pemahaman

References


Achmad Buchori. (2018). OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi 4 (1), 11-16

Casey, L., & Hallissy, M. (2016). Live Learning: Online Teaching, Digital Literacy and the Practice of Inquiry. Irish Journal of Technology Enhanced Learning, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.22554/ijtel.v1i1.4

Meilinda, N., Malinda, F., & Aisyah, S. M. (2020). Literasi digital pada remaja digital (Sosialisasi pemanfaatan media sosial bagi pelajar Sekolah Menengah Atas). Jurnal Abdimas Mandiri, 4(1).

Indariani, A., Ayni, N., Pramuditya, S. A., & Noto, M. S. (2019). Teknologi Buku Digital Matematika dan Penerapan Potensialnya dalam Distance Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 1. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1. 1870

Indrawati, H. M. (2021). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Literasi Digital. Jurnal PKM Volume 4.

Indrawati, F., Hikmah, N., & Mailizar, M. (2021). Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Literasi Digital. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 4(5), 478-485.

Jayantika, I. N. (2022). Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Digital Matematika. Indonesian Journal of Educational Development.

Muliawanti, K. (2019). Literasi Digital Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Sendika. Muliawanti, K. (n.d.). Literasi Digital Matematika di Era Revolusi Industri 4.0.

Rahayu, T., & Mayasari, T. (2018). Profil kemampuan awal literasi digital dalam pembelajaran fisika siswa SMK Kota Madiun. Seminar Nasional Quantum, 25, 431–437. Retrieved from http://seminar.uad.ac.id/index.php/q uantum/article/download/294/244

Widianti, H. (2021). Strategi peningkatan literasi digital dalam pembelajaran matematika (studi kasus peserta didik sman 1 tanjunganom nganjuk). Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 20(1), 101-114.

Full Text: PDF | 331-355