Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
PENDAMPINGAN PACKAGING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PETIS MADURA DI UMKM CAK UDIN KABUPATEN PROBOLINGGO
Saiful Rizal, Eka Farida

Last modified: 2023-12-29

Abstract


Kegiatan yang dilakukan adalah dengan agenda pendampingan perbaikan kemasan petis madura sebagai upaya perbaikan kemasan lama untuk UMKM Petis Madura di Kabupaten Probolinggo. Metode pendekatan yang dilakukan yakni dengan memberikan sosialisasi pengetahuan terhadap UMKM Cak Udin dalam pembaharuan kemasan Petis Madura guna meningkatkan kreativitas pemilik maupun karyawan UMKM Petis Madura dalam hal packaging agar menjadi lebih menarik, aman, higienis, meningkatkan penjualan dan nilai jual produk. Dari pembahasan diatas bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh Penulis mengenai pembaharuan kemasan produk Cita Mandiri memberikan ilmu baru kepada pemilik UMKM dan karyawannya. Dengan pembaharuan kemasan yang diberikan diharapkan dapat meningkatkan daya jual kepada masyarakat karena kemasan merupakan bagian penting dalam sebuah pemasaran serta dapat menumbuhkan jiwa kreatif dalam pengemasan kepada karyawan ataupun pemilik UMKM Petis Madura.

Keywords


pendampingan; kemasan; meningkatkan daya jual

References


Adilah, S., & etc. (2022). Pembaharuan Kemasan Tahu Goreng Sebagai Upaya Perbaikan Kemasan bagi UMKM di Desa Alai Selatan. Universitas Indo Global Mandiri, 6(3).

Hidayat N, R., Sulistyawati, L., & Prabowo, B. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia Era Digital Berbasis UMKM. Airlangga University Press.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2021). Artikel DJKN: UMKMBangkit, Ekonomi Indonesua Terungkit. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Nafif, F., & etc. (2022). Inovasi Packaging dan Marketing Produk UMKM Rumah Sehat Barokah di Desa Bantrung, Kecamatan Batealit, KabupatenJepara.UniversitasIslamNahdlatulUlamaJepara,5(2).

Najib, M. F. (2022). Inovasi Desain Kemasan (Packaging) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM. 6(1).

Nasution, Z. A., & Limbong, H. P. (2018). Kajian faktor- Faktor Penguat Usaha Pengembangan UKM Makanan Ringan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 29.

Nurhayati, A. N., Lasmawati, & Yulia. (2012). Pengaruh Mata Kulah Berbasis Gizi dan Pemilihan Makanan Jajanan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 1–6.

Utari, D. T. (2016). Manajemen Pemasaran: Kasus dalam Pengembangan Pasar Wisata Kuliner Tradisional Betawi. CV Pena Persada.

Ilmiyah, F., W, S. N. A., N, I. A. Q., Zunaidi, A. (2022). Sosialisasi Penanggulangan Tingginya Angka Pernikahan Dini di Desa

Tambakrejo-Wonotirto-Blitar. Komatika:          JurnalPengabdian           Kepada Masyarakat,2(2),29-33.https://doi.org/10.34148/komatika.v2i2.508

Zunaidi,A.Maghfiroh,FL,PendampinganMasyarakatMelaluiManajemen Fundrising dalam Upaya Menghimpun Dana dan Mempercepat

Renovasi Pembangunan Masjid Baiturrahim Nganjuk. Jurnal Ilmiah Pengabdhi, Vol 8, No 1, 2022. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v8i1.13915

Zunaidi, A. Rahmah, Risa. Salsabila, Salma., (2020). Meningkatkan Motivasi Akademis Selama Pandemi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Febi Iain Kediri, Jurnal Dedikasi PKM: Prodi Manajemen Universitas PamulangVol 2,                No          3             (2021) DOI:

http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i3.12627

Zunaidi, A. (2022). Diklat Makalah Sebagai Implementasi Potensi Kepenulisan Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Selama Pandemi Covid19. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 1– 7.https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.15

Zunaidi, A. (2020). Meningkatkan Pemahaman Masyarakat tentang Peran PegadaianSyariahdalamMenyukseskanProgramPemulihanEkonomi

Nasional pada Masa Pandemi Covid19. Jurnal Ilmiah Pengabdhi, Vol 7, No 2 DOI: https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v7i2.11424

Zunaidi, A. (2021). Wakaf Keluarga Perspektif UU No. 41 Tahun 2004 danMaqasid Al-Usrah Jamal Al-Din Atiyyah. Mahakim: Journal of Islamic Family Law, 5(2),    115–133. https://doi.org/10.30762/mahakim.v5i2.137

Zunaidi,A.(2022).PRODUCTIVEWAQFINMAQASIDSHARIAPERSPECTIVE. Al’Adalah,25(1),93-104.https://doi.org/10.35719/aladalah.v25i1.28

Full Text: PDF | 469-475