Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING MELALUI E-COMMERCE SHOPEE UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN ODSTORE
Muhammad Mubarok, Eka Farida

Last modified: 2023-12-22

Abstract


Dengan berkembangnya teknologi dan kecenderungan masyarakat berbelanja online, para wirausaha perlu berevolusi dengan tetap memperhatikan perubahan teknologi dan kebiasaan manusia saat ini. ODSTORE merupakan seorang pengusaha yang menjual produk secara online melalui Marketplace Shopee. Untuk tujuan kualitatif, dukungan ini dilaksanakan mulai Agustus 2021 hingga Juli 2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari dukungan yang diberikan menunjukkan bahwa Shopee Marketplace sebagai wahana promosi ODSTORE menghasilkan pendapatan dan manfaat yang signifikan bagi industri serta memfasilitasi interaksi dengan konsumen.

Keywords


promosi; marketplace; shopee; digital marketing

References


Apriadi, Deni dan Saputra. (2017). E-commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. JURNAL RESTI Vol. 1 No. 2. Lubuklinggau: STMIK Bina Nusantara Jaya.

C. Laudon, Kenneth & P. Laudon, Jane. (2005). Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Edisi 8. Yogyakarta: Andi Offset.

DataIndonesia.id. (2022). Semakin Banyak Pelaku Usaha Daring di Indonesia pada 2022. Diakses dari https://dataindonesia.id/digital/detail/semakin-banyak-pelaku-usaha-daring-di-indonesia-pada-2022.

Jurnal Entrepreneur. (2023). Bisnis Melalui Online Marketplace, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya. Diakses dari https://www.jurnal.id/id/blog/kelebihan-dan-kekurangan-bisnis-melalui-online-marketplace/.

Kompas. (2023). Survei Ipsos: Shopee Jadi Marketplace yang Paling Memberikan Omzet Terbesar Bagi Penjual Online. Diakses dari https://money.kompas.com/read/2023/03/24/164000326/survei-ipsos--shopee-jadi-marketplace-yang-paling-memberikan-omzet-terbesar.

Sirclo. (2020). Jumlah Pengguna E-Commerce Indonesia di Tahun 2020 Meningkat Pesat. Diakses dari https://www.sirclo.com/blog/jumlah-pengguna-e-commerce-indonesia-di-tahun-2020-meningkat-pesat/.

Shopee, Seller. (2023). Catatan Transaksi Penjualan. Diakses dari http://seller.shopee.co.id/portal/finance/portal/finance/income/statement.

Shopee, Seller. (2023). Mulai Berjualan di Shopee. Diakses dari https://seller.shopee.co.id/edu/article/464

Full Text: PDF | 188-193