Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
PENGUATAN LITERASI DIGITAL UNTUK TRANSFORMASI KONSUMEN MENUJU KREATOR DIGITAL BERBASIS BUDAYA PADA PRIM KANSAI
Norma Sari, Ulaya Ahdiani, Sri Winiarti

Last modified: 2023-12-16

Abstract


WNI Indonesia yang tinggal di Jepang saat ini kurang lebih sebanyak 83.169 orang. Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah Kansai (PRIM Kansai) sebagai salah satu ormas Islam semakin menunjukkan geliatnya melalui berbagai kegiatan. Mereka menghadapi tantangan penguatan lietrasi digital untuk transformasi dari konsumen menuju creator digital. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah membantu penguatan literasi digital menuju transformasi untuk penguatan jaringan Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah Kansai dan jaringan dakwahnya. Metode yang digunakan agar kegiatan dapat berjalan secara lancar adalah blended antara model daring dan luring yang dilaksanakan selama dua semester. Hasil kegiatan adalah literasi tentang transformasi konsumen menuju kreator digital dan konten digital berbasis budaya. Bagi tim pengabdian hasilnya adalah pengintegrasian dalam mata kuliah yang diampu.

Keywords


konsumen digital; kreator digital; basis budaya

References


Alhamdi, R., Mawardi, I., Nur Hayati, N. & Mudzakkir, M. (2022). Internasionalisasi Muhammadiyah Sejarah dan Dinamika Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Luar Negeri 2002-2022: Vol. I (I). Samudra Biru.

Arriagada, A. & Ibáñez, F. (2020). this publication at: https://www.researchgate.net/publication/343740447 “You Need At Least One Picture Daily, if Not, You’re Dead”: Content Creators and Platform Evolution in the Social Media Ecology. SAGE and Open Access, I(12).

Cahyadi, A. (2018). Pengembangan Dakwah Melalui Gerakan Kebudayaan. Jurnal Ilmiah Syi’ar, 18(2).

Cantemir, M., Antoniu Gabriel, P. & Dorin, B. (2023). Drivers of Digital Transformation and Their Impact on Organizational Management. Studies in Business and Economics, 18(1), 149–170.

Hasan Basri, Z. (2023). Dakwah Islam di Bumi Matahari Terbit.

Husein, A. (2017). Dakwah Muhammadiyah Terhadap Kaum Awam. Ath Thariq, 1(1).

Manuela, J. U. (2021, 5. September). Perbedaan antara Wilayah Kanto dan Kansai. Binus University.

Musavi, S. & Quliyev, O. (2021). The Digital Consumer Profile in 5.0 Societs in Strategic Marketing Managment. European Proceedings of Social and Behavioural Sciences, 45–52.

Muzaki. (2017). Dakwah Islam dan Kearifan Budaya Lokal. Orasi Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 8(1).

Sari, N., Winiarti, S. & Ahdiani, U. (2022). Penguatan Komunitas Pengajian ’Aisyiyah Wal ‘Ashri Kansai Jepang Berbasis Digital. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 4.

Shahid, S. & A. Qureshi, J. (2022). Consumer Empowerment in The Digital Media Marketing Age: A Comparative Literature Review and Trends Across Selected Countries. 3C Empresa. Investigación y Pensamiento Crítico, 11(1).

Sujatmiko, T. (2022. December). UAD Dukung Dakwah di Jepang melalui Penguatan IT.

Syamsuddin, M. (2017). Gerakan Muhammadiyah dalam Membumikan Wacana Multikulturalisme: Sebuah Landasan Normatif-Institusional. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 1(2), 335–370.

Wijayanto, M.-A. (2021, 1. August). Selayang Pandang Ranting Istimewa Muhammadiyah Kansai Jepang. Suara Muhammadiyah.

Full Text: PDF | 1-9