Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
PENDAMPINGAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN MODUL P5 BERBASIS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BAGI GURU SD 2 PUYOH KABUPATEN KUDUS
Jayanti Putri Purwaningrum, Aprilia Setyaning Rahayu, Alda Azzatal Fahma

Last modified: 2023-12-22

Abstract


Pada kurikulum merdeka, pembelajaran diferensiasi merupakan pendekatan yang relevan untuk menyusun strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Modul P5 dengan pendekatan pembelajaran diferensiasi sangat efektif untuk dilakukan. Akan tetapi pada kenyataannya guru mengalami kendala dalam menyusun dan melaksanakan P5 berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Para guru masih terbiasa melakukan pembelajaran berbasis teacher-centered tanpa menggunakan media. Hal ini yang mengakibatkan proses pembelajaran siswa tidak berkembang secara optimal. Modul P5 merupakan salah satu media pembelajaran yang mendorong siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan mandiri dalam proses pembelajaran. Tujuan dari pengabdian ini adalah mendampingi guru di SD 2 Puyoh Kabupaten Kudus dalam penggunaan modul P5 dengan tema gaya hidup berkelanjutan yang berkaitan dengan pemanfaatan lahan kosong di sekolah. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode ceramah, diskusi serta pendampingan pembuatan dan penggunaan modul P5 berbasis pembelajaran diferensiasi. Melalui kegiatan pengabdian ini, guru-guru SD 2 Puyoh dapat memanfaatkan modul P5 untuk diimplementasikan dan proses pembelajaran menjadi lebih inovatif, serta aktivitas pembelajaran meningkat.

Keywords


proyek p5; pembelajaran diferensiasi

References


Afriatmei, F., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1286–1292. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5289

Arhinza, A. (2023). Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(01), 6518–6528.

Farliana, N., & Sakitri, W. (2023). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Strategi Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 484–493.

Gede, I., Saputra, P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Hamzah, R. A. (2023). Pendampingan Kepala Sekolah Dan Guru SD Pada Lokakarya Kurikulum 2 Projek Penguatan “Profil Pelajar Pancasila” Tahun Kedua Di Kabupaten Soppeng. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 2(1), 62–70.

Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirnan Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 105–118.

Kurnia Fitra, D. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5.

Mannassai, A. F., Laliyo, L. A., & Pulukadang, W. T. (2023). Pengembangan Buku Panduan Pendampingan untuk Orang Tua dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 531–542.

Meizar, A., Eliawati, T., & Ramadhani, R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Profil Pelajar Pancasila Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Sekolah Menengah Pertama. JCES (Journal of Character Education Society), 6(4), 638-649.

Nurjanah, Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2023). Pembelajaran Diferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Berbasis Modul Digital.

Pamungkas, O. Y., & Sudigdo, A. (2022). Profile of Pancasila Students: Implementation of Diversity in MBKM Student’s Stories in UST Yogyakarta. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.35877/454ri.daengku870

Pertiwi, E. P. (2018). Pendampingan Guru Dalam Pembelajaran “Aspek Nilai Moral Agama Melalui Pendidikan Karakter Dan Pengenalan Pancasila” Di Paud Labschool Jember Tahun Pelajaran 2016-2017. Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(Juni), 113–123.

Purwaningrum, J. P., Purbasari, I., & Rusdianto, H. (2019). Pendampingan Pengembangan Aktivitas Belajar Matematika Berbasis Mainan Anak Tradisional Welahan Jepara. Jurnal PPKM, 6(3), 128–131.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613–3625.

Rahmawati, A., Parji, & Dewi, C. (2023). Persepi guru tentang kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) sebagai penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka era digital. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, Agustus. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Ramadhani, D., Kenedi, A. K., Rafli, M. F., Harahap, H., Negara, V. M. A. B., Hayati, R., & Akmal, A. U. (2023). Pelatihan Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Guru Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 20-25.

Rizal, M., Iqbal, M., & Rahima, R. (2022). Pelatihan merancang modul projek profil pelajar pancasila bagi guru sdn 6 peusangan selatan melalui in house training sekolah penggerak. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1574–1580.

Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan modul projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) menggunakan flip pdf profesional bagi guru sma negeri 1 tirawuta: Persiapan implementasi kurikulum merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5.

Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Prastanti, N. P. D. (2023). Implementasi metode STAR untuk meningkatkan kemampuan guru mengembangkan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 696–708.

Full Text: PDF | 117-125