Last modified: 2023-12-22
Abstract
Keywords
References
Afriatmei, F., Makki, M., & Jiwandono, I. S. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1286–1292. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5289
Arhinza, A. (2023). Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 06(01), 6518–6528.
Farliana, N., & Sakitri, W. (2023). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Strategi Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(3), 484–493.
Gede, I., Saputra, P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Menggunakan Flip Pdf Profesional Bagi Guru SMA Negeri 1 Tirawuta: Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka.
Hamzah, R. A. (2023). Pendampingan Kepala Sekolah Dan Guru SD Pada Lokakarya Kurikulum 2 Projek Penguatan “Profil Pelajar Pancasila†Tahun Kedua Di Kabupaten Soppeng. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 2(1), 62–70.
Juraidah, J., & Hartoyo, A. (2022). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirnan Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 105–118.
Kurnia Fitra, D. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Filsafat Indonesia, 5.
Mannassai, A. F., Laliyo, L. A., & Pulukadang, W. T. (2023). Pengembangan Buku Panduan Pendampingan untuk Orang Tua dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 531–542.
Meizar, A., Eliawati, T., & Ramadhani, R. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Profil Pelajar Pancasila Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Sekolah Menengah Pertama. JCES (Journal of Character Education Society), 6(4), 638-649.
Nurjanah, Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2023). Pembelajaran Diferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Berbasis Modul Digital.
Pamungkas, O. Y., & Sudigdo, A. (2022). Profile of Pancasila Students: Implementation of Diversity in MBKM Student’s Stories in UST Yogyakarta. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.35877/454ri.daengku870
Pertiwi, E. P. (2018). Pendampingan Guru Dalam Pembelajaran “Aspek Nilai Moral Agama Melalui Pendidikan Karakter Dan Pengenalan Pancasila†Di Paud Labschool Jember Tahun Pelajaran 2016-2017. Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(Juni), 113–123.
Purwaningrum, J. P., Purbasari, I., & Rusdianto, H. (2019). Pendampingan Pengembangan Aktivitas Belajar Matematika Berbasis Mainan Anak Tradisional Welahan Jepara. Jurnal PPKM, 6(3), 128–131.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613–3625.
Rahmawati, A., Parji, & Dewi, C. (2023). Persepi guru tentang kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) sebagai penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka era digital. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, Agustus. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Ramadhani, D., Kenedi, A. K., Rafli, M. F., Harahap, H., Negara, V. M. A. B., Hayati, R., & Akmal, A. U. (2023). Pelatihan Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Guru Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 20-25.
Rizal, M., Iqbal, M., & Rahima, R. (2022). Pelatihan merancang modul projek profil pelajar pancasila bagi guru sdn 6 peusangan selatan melalui in house training sekolah penggerak. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1574–1580.
Saputra, I. G. P. E., Sukariasih, L., & Muchlis, N. F. (2022). Penyusunan modul projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) menggunakan flip pdf profesional bagi guru sma negeri 1 tirawuta: Persiapan implementasi kurikulum merdeka. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5.
Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Prastanti, N. P. D. (2023). Implementasi metode STAR untuk meningkatkan kemampuan guru mengembangkan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 696–708.