Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI BMC DAN ANALISIS SWOT HOME INDUSTRY JAVICA MUNCHBOX
Pita Hadi Sriwahyuni, Eka Farida

Last modified: 2023-12-30

Abstract


Javica munchbox home industry merupakan bisnis rumahan yang mengolah makanan ringan. Usaha ini memproduksi makanan ringan yaitu basreng (bakso goreng) dengan cita rasa pedasnya dan florentine cookies yang berbahan dari biji-bijian dengan cita rasa yang manis. Javica munchbox home industry baru berdiri di tahun 2023, dan produk-produknya diterima oleh masyarakat. namun Javica munchbox home industry tak luput menghadapi permasalahan yaitu dari segi strategi pemasarannya, yang menurut tim pendamping sangat minim dalam hal promosi karena hanya mengandalkan dari story whatsapp dan dari mulut ke mulut.  Serta tempat penjualan masih di area home industry itu sendiri. Maka dari itu tim pendamping melakukan pendampingan pada javica munchbox home industry untuk melakukan analisis strategi pemasaran melalui Bussiness Model Canvas dengan mengidentifikasikan kesembilan blok bangunan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman serta melalui analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman, serta peluang untuk memposisikan usahanya dengan strategi pemasaran yang tepat.

Keywords


javica munchbox home industry; strategi pemasaran; bussiness model canvas; analisis swot

References


Dr. Asep Sulaiman (2021). Pemberdayaan Masyarakat Di Era New Normal Pandemi COVID 19. Bandung: LP2M UIN SGD

Gunartin, Fatmawati Putri. 2019.” Srategi Pemasaran home industry Tempe Dalam Mengingkatkan Kesejahteraan Ekonomi Di Kampung Pulo. Jurnal Pendidikan, Ekonomi Dan Bisnis. Vol 4, No 1, Mei.

Yuyun A (2010). 38 Inspirasi Usaha Makanan Minuman Untuk Home Industry Modal Dibawah 5 Juta. Jakarta Selatan: Agromedia.

I Made Darsana, dkk (2023). Strategi Pemasaran. Badung: CV. Intelektual Manifes Media

Onan Marakali Siregar, dkk (2020). Penerapan Bisnis Model Canvas Sentral UMKM. Medan: Purpantara

Alexander Osterwalder, Yves Pigneur (2013). Bussiness Modal Generation: A Handbook For Visionaries, Game Changers, And Challengers The Strategyzer Series. Canada: Jhon Willey & Sons

Ricky W. Griffin (2004). Manajemen Edisi Tujuh Jilid Ke Satu. Jakarta: Erlangga.

Full Text: PDF | 592-599