Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK AMDK ARSEND DI TULUNGAGUNG
Firdaus Ali Sya’bana, Eka Farida

Last modified: 2023-12-30

Abstract


Air minum dalam kemasan (AMDK) Arsend merupakan produk air minum yang memanfaatkan Sumber Daya Alam yang berada di wilayah Kecamatan Sendang kabupaten Tulungagung dengan kualitas TDS air 4,4 – 50 dan Ph 73 memiliki kesegaran khas yang ditandai dengan sedikit rasa manis, Kesegaran khas ini berasal dari seimbangnya jumlah kandungan mineral yang alami. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran AMDK Arsend dalam meningkatkan penjualannya dengan meninjau segmentasi pasar, penetapan harga yang bersaing, dan membangun citra merek yang positif. Daya beli konsumen, khususnya terkait harga dan kualitas produk, menjadi faktor penentu penting dalam keputusan pembelian. Respons konsumen terhadap program loyalitas dan diskon juga dinilai positif secara umum. Saran meliputi optimalisasi program loyalitas, kampanye pemasaran berbasis kesehatan, diversifikasi produk dan harga, penguatan branding lokal, serta pemantauan pasar yang responsif. Hasil pendampingan ini memberikan gambaran strategis terkait strategi pemasaran AMDK Arsend serta mampu beradaptasi dengan dinamika pasar.

Keywords


strategi pemasaran; penjualan produk; amdk arsend

References


Purwanto, A., & Suroso, I. (2018). Strategi Pemasaran Produk Air Minum dalam Kemasan (AMDK) pada PT. Tirta Alam Segar Purwokerto. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 23-30.

Wijaya, B. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Aqua di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 5(1), 1-7.

Febrianto, R., & Rochmad. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pada Mahasiswa Universitas Brawijaya. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 86(2), 134-141.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. Edisi 15. Erlangga. Armstrong, G., & Cunningham, P. H. (2019). Principles of Marketing. Pearson.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis. Edisi 8. Cengage Learning.

Aaker, D. A., & Keller, K. L. (2012). Building Strong Brands. Simon and Schuster. Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Full Text: PDF | 488-494