Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
PELATIHAN PENGEMBANGAN DLM (DIGITAL LEARNING MATERIAL) BERBASIS MULTIMEDIA PADA GURU SEKOLAH DASAR
Hatma Heris Mahendra, Fajar Nugraha, Missi Hikmatyar, Muhamad Abdul Rofi, Mochamad Restu Rachmawan

Last modified: 2023-12-29

Abstract


Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru Sekolah Dasar di Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya dalam pembuatan DLM (Digital Learning Material) berbasis multimedia. Pelatihan ini akan membantu guru-guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital. Guru-guru akan diperkenalkan dengan konsep dan pentingnya DLM berbasis multimedia dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Guru-guru akan mempelajari bagaimana merencanakan dan mendesain materi pembelajaran digital yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa. Peserta pealtihan berjumlah 25 orang dari kalangan pengawas, kepala sekolah dan guru di lingkungan Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya. Peserta diberi panduan dan latihan dalam pembuatan konten multimedia seperti video pembelajaran, animasi, presentasi, dan gambar interaktif. Selain itu akan dilatih dalam penggunaan perangkat lunak dan aplikasi yang berguna dalam pembuatan materi pembelajaran digital, seperti aplikasi pengeditan video, desain grafis, dan animasi. Metode yang akan digunakan adalah presentasi, diskusi, simulasi dan praktek. Pelaksanaan pelatihan diikuti dengan baik oleh para peserta dari awal hingga akhir rangakaian kegiatan. Hasil dari pelatihan ini guru dapat mengembangkan DLM (Digital Learning Material) berbasis multimedia yang sesuai dengan kondisi materi, peserta didik dan sarana prasarana di sekolah.

Keywords


Pelatihan; dlm (digital learning material); multimedia

References


Ahmad, A. (2012). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi: Akar Revolusi dan Berbagai Standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 137–149. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i2.2460

Berson, M. J., & Balyta, P. (2004). Technological thinking and practice in the social studies: Transcending the tumultuous adolescence of reform. Journal of Computing in Teacher …, 20(4), 141–150.

Kreijns, K., Vermeulen, M., Van Acker, F., & van Buuren, H. (2014). Predicting teachers’ use of digital learning materials: combining self-determination theory and the integrative model of behaviour prediction. European Journal of Teacher Education, 37(4), 465–478. https://doi.org/10.1080/02619768.2014.882308

Mahendra, H. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Flash Book Sejarah Peradaban Indonesia Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(1), 924–931. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p924-931

Mahendra, H. H., & Nurani, R. Z. (2020). Pengaruh Penggunaan DLM (Digital Learning Material) Terhadap Aktivitas Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 114–124.

Musfah. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Kencana.

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). INDUSTRI 4.0: TELAAH KLASIFIKASI ASPEK DAN ARAH PERKEMBANGAN RISET. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13(1). https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26

Restiyani, R. (2015). Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Dan Sumber Pembelajaran Oleh Guru Biologi. Edusains, 6(1), 49–66. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1100

Slameto. (2010). Belajar & Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Tanner, M. J. (2014). Digital vs. Print: Reading Comprehension and the Future of the Book. School of Information Student Research Journal, 4(2). https://doi.org/10.31979/2575-2499.040206

Full Text: PDF | 372-378