Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
PELATIHAN PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMASARAN BAGI PENDIDIK PENDIDIKAN NONFORMAL DI SKB 2 SAMARINDA
Syamsul Anwar, Muhamad Alisalman, Sri Wahyuni

Last modified: 2023-12-28

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan melaksanakan pelatihan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan Instagram untuk pemasaran. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan kegiatan. Tahapan awal dimulai dengan persiapan untuk perizinan dan menjalin kesepakatan untuk penentuan jadwal kegiatan. Tahapan penyusunan perangkat pembelajaran untuk memudahkan proses pelatihan. Tahapan pelaksanaan merupakan tahapan inti untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah untuk penyampaian materi tentang pemasaran di era digital. Selanjutnya pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan praktek pemanfaatan instragam untuk pemasaran. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini peserta kegiatan antusias dalam mengikuti kegiatan, hal ini dilihat dengan keaktifan mengikuti kegiatan terutama ketika diskusi dan praktek mandiri.

Keywords


pemasaran digital; instagram; pendidikan masyarakat; pelatihan

References


Asmal, A., Masruhim, M. A., & Suryaningsi, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Jam Sudut Pizza di Kelas IV SDN 009 Samarinda Ulu. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(6), 1273–1284.

Fadilla, A. R., Lukman, A. I., & Alisalman, M. (2022). Implementasi Pelatihan Pemasaran Digital Bagi Warga Belajar Paket C di PKBM Generasi Mandiri. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 168–174.

Fatimatuzzahra, F., Riyadi, R., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan Masyarakat Melek Teknologi: Studi Penyelenggaraan Pelatihan Microsoft Office Di LKP Ghanesa Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 81–89.

Hasan, H. A. (2020). Dampak Teknologi Dalam Transaksi Bisnis UMKM. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(2), 52–63.

Julianto, E. T. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Media Sosial (Instagram) dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Compass Dengan Minat Beli Sebagai Mediasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(4), 16–29. https://doi.org/10.58192/ebismen.v1i4.146

Juliyani, M. (2021). Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Mahasiswa PPKn STKIP Labuhanbatu. Civitas (Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Civic), 7(2), 41–44. https://doi.org/10.36987/civitas.v7i2.3535

Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1), 18–33. https://doi.org/10.24198/jmk.v3i1.12963

Lukman, A. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669

Malia, R., & Rahayu, L. S. (2014). Pengaruh Penyuluhan Melalui Metode Ceramah dan Diskusi terhadap Tingkat Pengetahuan Teknologi Sistim Tanam Legowo di Kelompok Tani Karya Mukti III Desa Sukakarya Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur. Agroscience, 7(1), 51–60. https://doi.org/10.35194/agsci.v4i1.615

Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3

Mustangin, M. (2020). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudz: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1–9. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656

Pasha, T. A., Khalisa, S. N., Zamima, R., Khairunnisa, R. T., & Mustangin, M. (2023). Sosialisasi kesehatan menstruasi bagi remaja perempuan di panti asuhan anak harapan kalimantan timur. Ta’awun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 163–170.

Safitri, D. (2020). Pelatihan Pembuatan Pie Buah Bagi Warga Belajar di UPTD. P2KUKM Provinsi Kalimantan Timur. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 44–49. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.258

Saptadi, S. (2020). Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus Mengemudimobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.432

Saripah, I., & Shantini, Y. (2016). Implementasi model pembelajaran mandiri program pendidikan kecakapan hidup perempuan. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 176. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11545

Suhartini, S., Mustangin, M., Lukman, A. I., & Winarti, H. T. (2022). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam Pengolahan Keripik Ikan Bawis pada Industri Rumahan Abadi Rasa. Progress in Social Development, 3(2), 87–93. https://doi.org/10.30872/psd.v3i2.42

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8(2), 123–138. https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6471

Taan, H., Radji, D. L., Rasjid, H., & Indriyani. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315–330. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268

Taba, P., Mustangin, M., Lukman, A. I., & Alisalman, M. (2023). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati Bagi Binaan CSR PT. GBU Kabupaten Kutai Barat di Desa Jengan Danum. Kompetensi, 16(1), 66–74.

Untari, D., & Fajarina, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278. https://doi.org/10.2307/2757514

Widiastri, D. A. D. (2020). Program Pelatihan Sebagai Upaya Pemberdayaan Korban Pasca Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba di Rumah Damping Borneo BNN RI Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.255

Yulinda, A., & Fitriyah, N. (2020). Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah Dan Audiovisual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang sadari di SMKN 5 Surabaya. Jurnal Promkes, 6(2), 116–128. https://e-journal.unair.ac.id/PROMKES/article/viewFile/6439/5917

Full Text: PDF | 241-248