Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) #4 & International Community Service 2023

Font Size: 
IMPLEMENTASI PENGGUNAAN LESSON PLAN MATHEMATICS IN CONTEXT DALAM RANGKA PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH GURU SD TERPENCIL
Riza Fatimah Zahrah, Geri Syahril Sidik, Winarti Dwi Febriani

Last modified: 2023-12-29

Abstract


Gugus 2 Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan terdiri dari 9 sekolah dasar. Masing-masing sekolah memiliki 9 guru kelas yang tergabung dalam sebuah Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus 2. Sehingga anggota KKG di Gugus 2 Kecamatan Cipicung berjumlah 54 orang untuk guru kelas. Berdasarkan hasil wawancara dengan ketua KKG Gugus 2 kecamatan Cipicung ini bahwa kondisi lingkungan kecamatan Cipicung ini memang bervariasi. Beberapa Sekolah Dasar yang tergabung dalam gugus 2 ini termasuk ke dalam daerah terpencil. Akses menuju kesana cukup jauh dan medan yang ditempuh agak sulit, jalannya yang banyak rusak dan berlubang. Sehingga diantaranya SD Suganangan termasuk ke dalam sekolah daerah terpencil. Permasalahan di mitra adalah kurangnya inovasi SDM dalam pembelajaran di kelas. Sehingga perlunya solusi transfer teknologi mengenai Mathematics in Contexs yang dituangkan dalam sebuah RPP atau Lesson Plan, dalam pengabdian ini perangkat pembelajaran yang digunakan adalah RPP. Target luaran yang ingin dicapai meliputi: Keterampilan mengajar pendidik, Kreativitas dan inovasi pendidik dalam proses pembelajaran utuk meningkatkan hasil belajar peserta didik serta terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan. Metode pelaksanaan yang digunakan pada kegiatan PKM ini meliputi metode transfer teknologi dan pendampingan berkelanjutan dari Tim Pelaksana kepada mitra secara bertahap selama 4-5 pertemuan. Hasil PkM ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai Lesson Plan MiC sebesar 0,33 atau peningkatan dengan kategori sedang.

Keywords


mathematics in context; lesson plan; kemampuan pemecahan masalah; guru sd terpencil

References


Maier, H. (1995). Kompendium Didaktik Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Va.: National Council of Teachers of Mathematics. Niss,.

Sangster, M. (2020). Mathematics in Context. In Engaging Primary Children in Mathematics (pp. 3–26). Briana Villarrubia Encyclopaedia Britannica. https://doi.org/10.5040/9781474270991.ch-009

Scherer, R., Meßinger-Koppelt, J., & Tiemann, R. (2014). Developing a computer-based assessment of complex problem solving in Chemistry. International Journal of STEM Education, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.1186/2196-7822-1-2

Schoenfeld, A. (1985). Mathematical problem solving. Orlando, FL: Academic Press.

Zahrah, R. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Masalah Kontekstual Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 119-126.

Zahrah, R. F., & Suryana, Y. (2019). Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 69-75.

Zahrah, R. F., & Febriani, W. D. (2020). A contextual problem based of local wisdom improve the ability to solving a word problem mathematics students of elementary school. PrimaryEdu: Journal of Primary Education, 4(1), 55-64.

Zahrah, R. F., Nugraha, F., Mahendra, H. H., & Suryana, D. (2020). Sosialisasi Kompetensi Guru Dan Penggunaan Masalah Kontekstual Dalam Pembelajaran di Lembaga Pendidikan Al-Ma'arif Kuningan. Journal of Empowerment Community, 2(1), 97-104.

Zahrah, R. F., Suryana, Y., & Enok, E. (2020, March). The Application of The Teaching Contextual Learning (CTL) to Increase The Motivation to Study Primary School Student. In International Conference on Elementary Education (Vol. 2, No. 1, pp. 893-

Zahrah, R. F., & Febriani, W. D. (2021). Kepercayaan Diri Siswa Berpengaruh terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4064-4075.

Full Text: PDF | 385-394