Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Life Science dan Teknologi 2020

Font Size: 
PENGARUH MODEL CHANGE OF PAIRS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN SIKAP MATEMATIS SISWA
T. Tutut Widiastuti A

Last modified: 2020-12-08

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model Change of Pairs dan siswa yang memperoleh model konvensional (ekpositori) pada pembelajaran online serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model Change of Pairs pada pembelajaran online. Metode yang digunakan adalah kuasi ekperimen dimana pada metode ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen (yang memperoleh model Change of Pairs pada pembelajaran Online) dan kelompok kontrol (model konvensional/ ekpositori pada pembelajaran Online) dengan subyek penelitian siswa kelas VIII di salah satu MTs yang berada di Kabupaten Majalengka. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (a) Dilihat dari rata-rata pretest dan posttest terlihat bahwa nilai siswa meningkat untuk kemampuan pemahaman matematis di kelas, sesudah dilakukan analisis data N-gain memperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,70 yang termasuk kriteria tinggi, (b) Dilihat dari rata-rata pretest dan posttest terlihat bahwa nilai siswa meningkat untuk kemampuan pemahaman matematis di kelas kontrol, sesudah dilakukan analisis data N-gain memperoleh rata-rata N-gain sebesar 0,57 yang termasuk kriteria sedang, dan (c) Sikap siswa terhadap pelajaran matematika dengan model Change of Pairs pada pembelajaran Online memberikan sikap yang positif sebesar 85%. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata skor sikap siswa lebih besar dibandingkan dengan skor netral.