Last modified: 2023-12-10
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VIII di SMP Islam Adzkiya, Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Islam Adzkiya, Kabupaten Bogor yang berjumlah 90 siswa dengan teknik sample random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kemampuan awal dan instrument test kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Islam Adzkiya, Kabupaten Bogor dibuktikan dengan nilai ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ = 12,65 ๐๐๐ ๐ก๐ก๐๐๐๐ = 0,695, dengan besarnya kontribusi pengaruh hanya sebesar 1,21%.