Universitas Islam Malang Conference, The First International Conference On Teacher Training and Education 2018

Font Size: 
PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR
WAHYU NUR 'AIDA, Muhari -, Harmanto -

Last modified: 2018-04-16

Abstract


Abstrak: Budaya sekolah adalah nilai-nilai atau kebiasaan yang terbentuk dalam perjalanan panjang sekolah dan menjadi pedoman warga sekolah. Ekstrakurikuler pramuka adalah kegiatan yang santai dan menyenangkan bagi siswa dengan didampingi oleh pelatih. Budaya sekolah dan ekstrakurikuler Pramuka adalah program sekolah yang dapat menumbuhkan perilaku prososial siswa. Perilaku prososial adalah perilaku sosial yang positif yang meringankan kondisi fisik atau psikologis orang lain secara sukarela tanpa mengharapkan imbalan. Jadi melalui budaya sekolah dapat dimulai dari perilaku guru sehari-hari yang mencontohkan perilaku positif, maka secara tidak langsung akan menjadi kebiasaan baik dan mampu membentuk perilaku prososial siswa. Melalui ekstrakurikuler Pramuka pembentukan perilaku prososial siswa dapat diintegrasikan selama kegiatan Pramuka berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya sekolah dan ekstrakurikuler Pramuka terhadap perilaku prososial siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Subyeknya adalah siswa kelas 3, 4, 5 dan 6 sekolah dasar. Penulis berharap dengan pemikiran konseptual ini dapat memberikan gambaran sejauh mana budaya sekolah dan ekstrakurikuler Pramuka memiliki pengaruh dalam mengembangkan perilaku prososial siswa sekolah dasar.

Kata Kunci: Budaya Sekolah, Ekstrakurikuler Pramuka, Perilaku Prososial