Last modified: 2018-04-18
Abstract
Fitria Wigati, Roesminingsih, and Waspodo Tjipto Subroto
fitriawigati1994@gmail.com and roesminingsih@unesa.ac.idBasic Education Studies Program, state University SurabayaJ1. Ketintang, Surabaya 60231
Abstract
This study aims to describe the feasibility, the practicality, the effectiveness of audio visual media on the Natural Symptoms of Indonesia and Neighbor Countries.Problems that occur are rarely use instructional media that support for the use of IPS subjects, the learning pattern is still using text book oriented and students are just passive. Becoming a reason researchers to develop audio visual media in accordance with the development of students in primary school.This development research uses the design of 4-D is define, design, develop, and disseminate..The results of these two validators show that the audio visual media scored 3.45 with very good category. The effectiveness of audio-visual media in improving critical thinking skills shows high results. With student activity showed a very good 86.7% percentage and student response by showing the percentage of 91.27% strongly agree. The results of the critical thinking skill test showed 0.8 with the gain test via pretet and posttest including the high category. Discussion of research results show that the development of audio visual media is very feasible, practical and effective on the natural phenomena material in Indonesia and neighboring countries to improve the critical thinking skills of grade 6 elementary school students.
Keywords: Audio Visual Media, Critical thinking ability.
TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI GEJALA ALAM DI INDONESIA DAN NEGARA TETANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR
Fitria Wigati, Roesminingsih, dan Waspodo Tjipto Subroto
fitriawigati1994@gmail.com dan roesminingsih@unesa.ac.idProgram Studi Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Surabaya
J1. Ketintang, Surabaya 60231
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media audio visual untuk meningkatkan berpikir kritis siswa. Masalah yang terjadi yaitu dalam pelajaran IPS jarang menggunakan media audio visual, pembelajaran masih cenderung menggunakan buku teks, dan siswa hanya pasif. Maka dari itu peneliti ingin mengembangkan media audio visual yang dapat menunjung pada pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan 4-D yiatu define (pendefinisian), design (merangcang), develop (pengembangan), dan disseminate (menyebarkan). Hasil dari dua validator ini menunjukkan bahwa media audio visual memperoleh skor 3,45 dengan kategori sangat baik. Keefektifan media audio visual dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis menunjukkan hasil yang tinggi. Dengan aktivitas siswa menunjukkan persentase 86,7 % yang sangat baik dan respon siswa dengan menunjukkan persentase 91,27% sangat setuju. Hasil dari tes keterampilan berpikir kritis menunjukkan 0,8 dengan uji gain melalui pretes dan posttest termasuk kategori tinggi. Diskusi hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media audio visual sangat layak, praktis dan efektif pada materi gejala alam di Indonesia dan Negara tetangga untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas VI sekolah dasar.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Kemampuan berpikirkritis.