Last modified: 2018-04-21
Abstract
Abtract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkana media pembelajaran berupa videopembelajaran kontekstual kontekstual pada topik siklus air untuk meningkatkan motivasi danhasil belajar siswa SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan denganmenggunakan tiga tahap dari model 4-D Thiagarajan at al., yaitu tahap pendefinisian (defin),perancangan (design), pengembangan (develop) dan diuji cobakan di kelas lima SDN Poter 2dengan tahun ajaran 2018 dengan one-group pretest-posttest design. Mengumpulan datamenggunakan metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknikanalisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) video pembelajarankontekstual yang dikembangkan berkategori valid, 2) video pembelajaran yang dikembangkantelah memenuhi syarat kepraktisan. 3).keefektifan video pembelajaran ditinjau dari hasil belajarbelajar telah mengalami peningkatan dan menguatkan motivasi belajar siswa.Berdasarkan analisis data video pembeajaran kontekstual telah memenuhi syarat sebagaivideo pembelajaran yang valid, praktas dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar danmotivasi belajar.
keywords: Pengembangan Media, Video Pembelajaran kontekstual, hasil belajar,motivasi