Universitas Islam Malang Conference, The First International Conference On Teacher Training and Education 2018

Font Size: 
Model E-Modul Interaktif Berbasis CASE (Creative, Active, Systematic, Effective) Bidang Geometri Transformasi Sebagai Bahan Ajar Yang Mendukung Kemandirian Belajar
Zainal Abidin, Sikky El Walida

Last modified: 2018-04-23

Abstract


Abstrak. Kajian ini bertujuan untuk menghasilkan model e-modul interaktif berbasis CASE (Creative, Active, Systematic, Effective) bidang geometri transformasi sebagai bahan ajar yang mendukung kemandirian belajar dan kompetensi mahasiswa.  Dalam kajian ini peneliti menerapkan metode penelitian pengembangan (development research) yang meliputi langkah-langkah: kajian pendahuluan, perancangan dan pengembangan produk (model), serta pengujian produk.  Dalam kajian pendahuluan menunjukkan bahwa berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan mahasiswa, sebagian besar mahasiswa lebih tertarik perkuliahan geometri transformasi yang memanfaatkan bahan ajar modul dalam bentuk e-modul yang interaktif yang memungkinkan mahasiswa belajar secara mandiri dan mudah memahami. Oleh itu perlu dikembangkan model bahan ajar yang menarik dan mudah dipahami dalam bentuk e-modul interaktif. Dalam perancangan (design) draft awal dihasilkan model dengan sistematika: pendahuluan (pengantar, petunjuk penggunaan e-modul, deskripsi materi, prasyarat, tujuan pembelajaran), kegiatan belajar yang mencakup: uraian materi dan contoh soal, latihan soal, rangkuman, uji kompetensi, petunjuk jawaban latihan, umpan balik, dan daftar rujukan.  Dalam pengembangan produk (model) menghasilkan model e-modul interaktif geometri transformasi berbasis CASE. Hasil pengujian produk (model) menunjukkan bahwa model e-modul interaktif geomeri transformasi yang dikembangkan dalam kajian ini adalah model bahan ajar yang mendukung kemandirian belajar yang telah memenuhi kriteria model yang valid dan praktis.


Kata-kata kunci: pengembangan, e-modul interaktif,  geometri transformas