Universitas Islam Malang Conference, The First International Conference On Teacher Training and Education 2018

Font Size: 
Pengembangan E-Book Interaktif Sebagai Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter Nilai Islam Untuk Kemandirian Belajar Siswa SD/MI
Ari Ambarwati

Last modified: 2018-04-23

Abstract


e-mail : ariati@unisma.ac.id

Abstrak: Pengembangan e-book interaktif bahasa Indonesia berkarakter nilai Islam untuk kelasVI SD/MI ini dilaksanakan melalui kerangka kerja penelitian pengembangan yangdifokuskan untuk kelas 6 dengan pengemasan materi yang dimodifikasi sesuai konteksdan kebutuhan. Desain penerapan produk ini mengikuti tahapan sebagai berikut: (1)tahap penetapan, (2) tahap penerapan, (3) tahap penyebarluasan. Aktivitas penetapanditekankan pada persiapan yaitu pembentukan tim yang meliputi siswa, guru,dan timpartisipasif. Penerapan difokuskan pada kegiatan yang meliputi; 1) analisis karakteristiksiswa dan kebutuhan belajar, analisis materi Integratif bahasa Indonesia, dan ujiefektifitas produk materi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 91,14% siswamenyatakan sangat senang, paham dan mudah dalam menggunakan produk ebook ini.Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan media pembelajaran Bahasa Indonesiaberkarakter nilai Islam berbentuk ebook interaktif dapat meningkatkan kesenangansiswa untuk belajar dan lebih mandiri.

Kata Kunci: pengembangan, e-book, bahasa Indonesia, nilai Islam bahasa indonesia,sekolah dasar