Last modified: 2021-01-15
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan cara belajar siswa autis berdasarkan gaya belajar visual auditorial dan metode mengajar yang dilakukan oleh guru pengajarnya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa autis bergaya belajar visual auditorial dan guru pendampingnya. Obyeknya adalah cara belajar matematika siswa autis bergaya belajar visual auditorial dan metode mengajar guru pendampingnya. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) siswa memiliki gaya belajar kombinasi antara visual dan auditorial. Hal ini ditunjukkan dari kemunculan indikator visual dan auditorial pada gaya belajar siswa. Akan tetapi siswa lebih dominan pada gaya belajar visual. (2) Metode mengajar matematika yang digunakan sesuai dengan gaya belajar visual dan auditorial. Akan tetapi lebih dominan untuk gaya belajar visual. Sehingga metode mengajar yang digunakan belum sepenuhnya cocok untuk siswa yang bergaya belajar visual auditorial.