Last modified: 2021-01-14
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif Tipe GI. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII-1 SMP Swasta Al Washliyah 1 Medan yang berjumlah 31 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes, wawancara dan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI memiliki rata-rata 41,61% dengan persentase ketuntasan klasikal 29, 03% memiliki kriteria sangat rendah. (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI mengalami peningkatan memiliki rata-rata 67,52% dengan persentase ketuntasan klasikal 67,74%.
Â
This study aims to determine the improvement of student learning outcomes using cooperative model of GI type. This research is a classroom action research with research subjects of VII-1 students of SMP Swasta Al Washliyah 1 Medan comprising a total of 31 students. Objects of this research are the application of cooperative learning model of GI type and the improvement of student learning outcomes. The instruments used to obtain data are tests, interviews, and observations. The data collection techniques used in this study are tests, observation, interviews, and documentation techniques. Meanwhile, data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and verification/conclusion. The results of this study indicate that (1) student learning outcomes prior to Cooperative Learning Model of GI Type had mean of 41.61%, with a classical mastery percentage of 29.03% which is classified as a very low criteria (2) student learning outcomes after using Cooperative Learning Model of GI Type had shown increasing mean of 67.52%, with a percentage of classical mastery of 67.74%.