Universitas Islam Malang Conference, Seminar Nasional Pendidikan dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) 2020

Font Size: 
PREFERENSI MEDIA PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR
Siti Nurul Hasana, Hidayatulloh Hidayatulloh

Last modified: 2021-01-14

Abstract


Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia saat ini telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai sektor, khususnya adalah sektor Pendidikan. Pelaksanaan pendidikan baik di Perguruan Tinggi maupun sekolah, seluruhnya mulai menerapkan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi media pembelajaran daring mahasiswa Pendidikan Matematika ditinjau dari prestasi belajar. Prestasi belajar yang dimaksudkan disini adalah IPK mahasiswa Pendidikan Matematika, sedangkan media pembelajaran daring yang akan diteliti adalah Edmodo dan Google Meet. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel diambil secara acak dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang yang kemudian diberikan kuesioner untuk menggali data yang diperlukan. Dari hasil analisis deskriptif data penelitian diketahui bahwa 69,4% mahasiswa lebih suka perkuliahan yang menggunakan Google Meet. Menurut responden, materi yang disampaikan pada perkuliahan dengan Google Meet lebih mudah dipahami dan proses tanya jawab dengan dosen menjadi lebih mudah. Selanjutnya ingin diketahui apakah ada perbedaan prestasi belajar antara mahasiswa yang lebih memilih Edmodo atau Google Meet dengan menggunakan uji t sampel bebas. Hasil uji hipotesis menunjukkan tidak ada perbedaan rata-rata antara prestasi belajar mahasiswa yang memiliki preferensi media pembelajaran daring yang berbeda. Dengan kata lain, pemilihan media pembelajaran daring mahasiswa Pendidikan Matematika tidak dipengaruhi oleh prestasi belajar.

The Covid-19 pandemic, that has hit the entire world including Indonesia, has brought significant changes in various sectors, particularly in the education sector. Education implementation, both in university and schools, has all started to change to online learning. This study aims to determine the preferences of online learning media for Mathematics Education students reviewed from the learning achievement. The learning achievement in this study refers to the GPA of Mathematics Education students, while the online learning media that will be observed here are Edmodo and Google Meet. This research is quantitative descriptive. Samples were taken randomly from students of the Mathematics Education Study Program, FKIP University of Islam Malang, who were given a questionnaire to obtain the required data. From the descriptive analysis, it is known that 69.4% of students prefer lectures using Google Meet. According to respondents, the material presented in lectures using Google Meet is easier to understand and the question and answer process with lecturers becomes easier. Furthermore, this study want to find out whether there is a difference in learning achievement between students who prefer Edmodo or Google Meet using the Independent Sample t-test. The results of the hypothesis test show that the means of learning achievement of students who have different preferences for online learning media are equal, it means there is no difference. In other words, the selection of online learning media for Mathematics Education students is not influenced by learning achievement.


Full Text: PDF