Universitas Islam Malang Conference, Seminar Nasional Pendidikan dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) 2020

Font Size: 
MISKONSEPSI PADA PENYELESAIAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT BERDASARKAN TAHAP BERFIKIR MASON
Mukhammad Ainun Fifi Nurdandi

Last modified: 2021-01-18

Abstract


Miskonsepsi merupakan kesalah pahaman konsep dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Miskonsepsi dapat diidentifikasi menggunkan beberapa cara, salah satunya menggunakan pemahaman konsep siswa. Proses berfikir bisa menjadi salah satu faktor penyebab miskonsepsi. Proses berfikir menurut Mason terdapat tiga tahapan yaitu tahapan entry, phase attack, dan phase review. Tahap entry pemahaman tentang siswa terhadap soal. Tahap attack berhubungan dengan proses mengerjakan soal. Tahap review tentang penjelasan tentang jawaban siswa tersebut. Miskonsepsi akan menjadi serius jika tidak waspada. Miskonsepsi yang terjadi pada konsep awal akan berpengaruh pada konsep selanjutnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi pada penyelesaian persamaan kuadrat yang terjadi pada siswa kelas 9 tahap berdasarkan berfikir Mason. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengaami miskonsepsi pada tahap serangan yang tidak bisa menyelesaikan persamaan kuadrat dan memanipulasi persamaan kuadrat. Ada juga siswa yang mengalami miskonsepsi pada tahap review. Pada tahap ini miskonsepsiyang dinyatakan siswa yaitu tidak dapat mengecek ketepatan jawaban.

Misconception is a misunderstanding of concepts in solving math problems. Misconceptions can be identified using several ways, one of which is by using students' degree of conceptual understanding. Thinking process can be one of the factors causing misconceptions. The thinking process according to Mason, there are three stages, namely the entry phase, the attack phase, and the review phase. The entry stage deals with students' understanding of the questions. The attack stage is related to the process of working on the problem. The review stage is about an explanation of the student's answer. Misconceptions will become serious if not addressed. Misconceptions that occur in the initial concept will affect the next concept. Therefore, this study aims to describe the misconceptions in solving quadratic equations that occur in grade 9 students based on the Mason thinking stage. The results showed that the students experienced misconceptions at the attack stage, namely they could not solve quadratic equations and manipulate quadratic equations. There are also student who experience misconceptions at review stage. At this stage the misconceptions experienced by student is that they are unable to check the accuracy of the answers.


Full Text: PDF