Universitas Islam Malang Conference, Seminar Nasional Pendidikan dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) 2020

Font Size: 
META ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN WEB CENTRIC COURSE
Achmad Ali Wafa Romadlon

Last modified: 2021-01-18

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan dari web centric course pada kegiatan pembelajaran. Keefektifan tersebut diteliti dari hasil beberapa penelitian terdahulu. Penelitian menggunakan meta analisis yaitu mengkaji sejumlah hasil penelitian dalam masalah yang sejenis dengan penelitian ini yaitu mengenai web centric course dalam kegiatan pembelajaran yang diambil dengan menggunakan teknik purposive karena sampel yang diambil sesuai dengan tema penelitian. Kajian jurnal yang digunakan berasal dari basis data google scholar sebanyak 10 jurnal dalam kisaran tujuh tahun terakhir (2019-2012). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil dari meta analisis  ini menunjukan bahwa penelitian web centric course banyak dilakukan untuk mengetahui pengaruh atau efektifitas sebesar 70%, desain yang paling banyak digunakan adalah quasi eksperimen 50%, analisis data yang paling banyak digunakan yaitu uji t sebesar 70% dan penelitian web centric course efektif dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar sebesar 40%, minat belajar sebesar 20%, motivasi belajar sebesar 10%, pemahaman konsep sebesar 10%, kemandirian belajar sebesar 10% dan respon peserta didik sebesar 10%.

The purpose of this study is to determine the effectiveness of the web centric course in learning activities. The effectiveness is examined from the results of several previous studies. This research uses meta-analysis, which examines a number of research results in a similar problem to this study, namely about the web centric course in learning activities taken using purposive techniques because the samples taken are in accordance with the research theme. The journal study used came from the Google Scholar database of 10 journals in the last seven years (2019-2012). The data analysis used in this research is qualitative. The results of this meta-analysis show that web-centric course research is mostly done to determine the effect or effectiveness of 70%, the most widely used design is quasi-experimental 50%, the most widely used data analysis is the t test of 70% and web centric course research. effective in learning activities to improve learning outcomes by 40%, interest in learning by 20%, learning motivation by 10%, understanding concepts by 10%, learning independence by 10% and student response by 10%.


Full Text: PDF