Font Size:
PENGKATEGORIAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI PECAHAN
Last modified: 2021-01-20
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkategorikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP pada materi pecahan. Terlebih dahulu akan dilakukan analisis kemampuan pemahaman konsep matematis yang nantinya hasil dari analisis akan dikategorikan. Bentuk data dalam penelitian ini adalah hasil pekerjaan siswa dalam menjawab soal tes uraian tertulis pada materi bilangan pecahan. Dimana untuk soal tes berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep yang meliputi ; 1) mendefinisikan konsep, 2) memberikan contoh dan bukan contoh konsep, dan 3) mampu menggunakan konsep dalam menyelesaikan masalah.Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah. Berdasarkan analisis hasil jawaban siswa pada tes kemampuan pemahaman konsep bilangan pecahan terhadap 3 subjek. Dapat dilihat untuk subjek pertama masuk dalam kategori ke-1, jelas terlihat bahwa subjek pertama tidak mampu memenuhi indikator pemahaman konsep. Subjek kedua masuk dalam kategori ke-2, karena hanya mampu memenuhi dua indikator saja. Selanjutnya subjek yang ketiga, subjek ini masuk dalam kategori ke-3. Karena terlihat jelas dari hasil jawaban bahwa subjek mampu memenuhi indikator pemahaman konsep matematisKata Kunci: analisis kemampuan, pemahaman konsep matematis, kategori pemahaman konsep matematis, bilangan pecahan.
Full Text:
PDF