Last modified: 2021-01-20
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menyelidiki penggunaan pendekatan Metaphorical Thinkingdalam pembelajaran konsep aritmatika di tingkat sekolah dasar. Metaphorical Thinking merupakan proses berpikir siswa dengan menggunakan metafora-metafora dalam memahami suatu konsep. Metafora yang digunakan pada pendekatan ini adalah cara pemindahan arti dan asosiasi baru dari satu gagasan yang abstrak ke gagasan yang sudah lebih dikenal. Pada penggunaan metafora dalam pembelajaran matematika merupakan suatu proses untuk mengaitkan antara konsep matematika dengan konsep yang telah dikenal siswa dalam kehidupan sehari-hari, dimana siswa dapat mengungkapkan konsep matematika dengan bahasanya sendiri dan menunjukan pemahaman siswa terhadap konsep matematika tersebut. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan ini dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi aritmatika sederhana.
This research is a qualitative research which aims to investigate the use of the Metaphorical Thinking approach in learning arithmetic concepts at the elementary school level. Metaphorical Thinking is the process of thinking of students using metaphors in understanding a concept. The metaphor used in this approach is a way of transferring new meanings and associations from an abstract idea to a more familiar idea. The use of metaphors in mathematics learning is a process to link mathematical concepts to concepts that are known to students in everyday life, where students can express mathematical concepts in their own language and show students' understanding of these mathematical concepts. The results showed that this approach could improve students' understanding of simple arithmetic material. Keywords: Metaphorical Thinking, Arithmetic.