Universitas Islam Malang Conference, Seminar Nasional Pendidikan dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) 2020

Font Size: 
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP TURUNAN PADA SISWA KELAS XI
Risky Firda Tiasari

Last modified: 2021-01-20

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pehamaman konsep turunan pada siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI secara random (acak). Sumber data penelitian ini adalah hasil tes dan hasil wawancara siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa dalam konsep turunan dikategorikan menjadi kategori siswa dengan pemahaman konsep tinggi, kategori siswa dengan pemahaman konsep sedang, dan kategori siswa dengan pemahaman konsep rendah sebagai berikut: a) siswa pada kategori pemahaman tinggi dapat memahami dan menjelaskan konsep turunan secara langsung dengan aturan dasar turunan maupun dengan menggunakan definisi turunan, b) siswa pada kategori sedang dapat memahami dan menjelaskan konsep turunan secara langsung dengan aturan dasar turunan, tetapi kurang memahami dalam menggunakan konsep definisi turunan, dan c) siswa pada kategori rendah tidak dapat memahami dan menjelaskan konsep turunan secara langsung dengan aturan dasar turunan maupun menggunakan definisi turunan.

This study aims to analyze the understanding of the concepts of derivatives in students. This research is a descriptive qualitative research. The subjects used in this study were random class XI students. The data sources of this research are the results of tests and student interviews. Based on the results of the study, it shows that the students’ ability to understand the concept of derivatives is categorized into the category of students with moderate understanding of the concept, and the category of students with low understanding of concepts as follows: a) students in the high understanding category can understand an explain derivative concepts directly with derivative basic rules or by using derivative definitions, b) students in the medium category can understand and explain derivative concepts directly with derivative basic rules, but do not understand in using derivative definition concepts, and c) students in the category low can not understand and explain the concept of derivatives directly with the basic rules of derivative or use the definition of derivatives.


Full Text: PDF