Universitas Islam Malang Conference, Seminar Nasional Pendidikan dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) 2020

Font Size: 
STUDY KASUS MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI PADA SETARA DARING DI PKBM BUDI LUHUR GONDANGWETAN
Yeni Rosa Damayanti

Last modified: 2021-01-18

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran mengenai pembelajaran jarak jauh melalui seTARA Daring dengan model pembelajaran mandiri di PKBM Budi Luhur Gondangwetan. Model pembelajaran mandiri dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran ditengah Pandemi Covid-19 sehingga pembelajaran dapat tetap dilaksanakan serta warga belajar memiliki motivasi yang lebih dan pengalaman belajar yang banyak dalam pembelajaran jarak jauh. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh warga belajar paket B dan tenaga pendidik PKBM Budi Luhur Gondangwetan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara via Whatsapp dan bertemu langsung. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran di PKBM Budi Luhur Gondangwetan dilakukan dengan model pembelajaran mandiri dengan tiga tahapan yaitu 1)tutor melakukan perencanaan pembelajaran, 2)tutor melaksanaan pembelajaran sesuai perencanaan yang telah disusun, dan 3)tutor mengevaluasipembelajaran. Kelebihan pembelajaran daring melalui seTARA Daring dan model pembelajaran mandiri ini adalah memudahkan warga belajar dan tutor untuk mengakses website dan terhubung dengan sumber belajar. Sedangkan kekurangannya adalah tutor tidak dapat memantau secara langsung apakah warga belajar memahami dan mengerti materi yang disajikan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggambarkan pembelajaran jarak jauh yang ada disekolah menggunakan jenis dan metode penelitian yang lain.

This research is a descriptive qualitative research. The purpose of this research is to find out an overview of distance learning through seTARA Online with the independent learning model in PKBM Budi Luhur Gondangwetan. The independent learning model is implemented to overcome learning problems amid the Covid-19 Pandemic so that learning can continue to be carried out and learning citizens have more motivation and a lot of learning experiences in distance learning. The population of this study were all members of learning package B and PKBM Budi Luhur Gondangwetan educators. The data collection technique is done through interviews via Whatsapp and meeting in person. The result of this research is that learning at PKBM Budi Luhur Gondangwetan is carried out using an independent learning model with three stages, namely 1) the tutor does the lesson planning, 2) the tutor carries out the learning according to the plan that has been prepared, and 3) the tutor evaluates the learning. The advantage of online learning through SETARA Online and this independent learning model is that it makes it easier for learning citizens and tutors to access the website and connect with learning resources. While the drawback is that the tutor cannot directly monitor whether the citizens learn to understand and understand the material presented. For further researchers, it is hoped that they can describe the existing distance learning in schools using other types and research methods.


Full Text: PDF