Last modified: 2021-01-18
Abstract
Analisis ini bertujuan untuk menganalisis video – video yang tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran di situasi dan kondisi saat ini. Pada masa sekarang pendidikan harus terus dilaksakan pendidikan di Indonesia tetap berjalan. Dengan demikian pemilihan video yang tepat sangatlah dibutuhkan. Dengan memeperhatikan gaya belajar siswa diharapkan pembelajaran jarak jauh tetap memberikan pemahaman yang sesui terhadap siswa. Penelitian ini dimulai dengan persiapan yaitu pemantapan judul, pengumpulan data dengam memperhatikan kriteria – kritaria pengempulan data yang sudah disepakati, analisa data setelah itu penyususnan pelaporan. Pada penelitian ini dibasasi oleh materi yang akan dibahas, view, dan subscribe yang telah ditetapkan oleh peneliti. sehingga terdapat 16 video dengan rincian 3 video yang tidak sesui kriteria, 8 video yang sesui dengan kriteria dan menggunakan kecenderungan gaya belajar campuran (visual, auditorial, dan kinestetik), 4 video yang sesuai dengan kriteria dan kecenderungan gaya belajar visual – auditorial, dan 1 video yang sesuai dengan kriteria dan kecenderungan gaya belajar visual. Dari 8 video yang ada terdapat 3 video yang cocok untuk digunakan atau sebagai referensi video pembelajaran Matematika dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik.
This analysis aims to analyze the right videos to be used as learning media in current situations and conditions. At the present time education must continue to be carried out education in Indonesia continues. Thus, choosing the right video is needed. By paying attention to student learning styles, it is hoped that distance learning will still provide appropriate understanding to students. This research begins with the preparation, namely the stabilization of the title, data collection by paying attention to the agreed data submission criteria, data analysis after that the compilation of reports. This research is based on the material to be discussed, the view, and the subscribe set by the researcher. so that there are 16 videos with details of 3 videos that do not comply with the criteria, 8 videos that comply with the criteria and use mixed learning style tendencies (visual, auditory, and kinesthetic), 4 videos that match the criteria and tendencies of visual-auditory learning styles, and 1 videos that match the criteria and trends in visual learning styles. Of the 8 videos, there are 3 videos that are suitable for use or as references for Mathematics learning videos with visual, auditory and kinesthetic learning styles.