Last modified: 2021-01-20
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Aritmatika Sosial melalui aplikasi WhatsApp. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis sehingga diperoleh gambaran tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Subjek penelitian adalah beberapa siswa kelas VII. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tersebut masih ada yang tergolong rendah. Dari data yang didapat dari 3 siswa, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah dilihat dari kategori sedang dan rendah. Beberapa siswa masih keliru dalam menyelesaikan soal. Hal tersebut disebabkan karena siswa masih belum terbiasa mengerjakan soal-soal pemecahan masalah sehingga dalam perhitungan penyelesaian masalah masih terdapat kesalahan, selain itu siswa rata-rata tidak memeriksa kembali jawaban yang telah dibuat. Siswa perlu sering dilatih untuk mengerjakan soal-soal pemecahan masalah agar kemampuan pemecahan masalah mereka bisa meningkat, siswa diharapkan akan lebih teliti dalam memahami permasalahan, menentukan jawaban, serta mmeriksa kembali jawaban yang telah dibuat.
This study aims to describe students' mathematical problem solving abilities in Social Arithmetic material through the WhatsApp application. The research approach used is qualitative with a descriptive analysis method in order to obtain an overview of students' mathematical problem solving abilities. The instrument used was a test of mathematical problem solving abilities carried out through the WhatsApp application. The research subjects were several grade VII students. Based on the research that has been done, there are still some students' mathematical problem solving abilities that are classified as low. From the data obtained from 3 students, it can be concluded that the students' problem solving abilities are still low in terms of the medium and low categories. Some students still made mistakes in solving the questions. This is because students are still not used to working on problem-solving problems so that in the calculation of problem solving there are still errors, besides that students on average do not check the answers that have been made. Students need to be trained frequently to work on problem-solving problems so that their problem-solving abilities can be improved. Students are expected to be more thorough in understanding problems, determining answers, and re-checking the answers that have been made.