Universitas Islam Malang Conference, Seminar Nasional Pendidikan dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) 2020

Font Size: 
PENGKATEGORIAN KESALAHAN SISWA SMP BERDASARKAN TEORI NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI OPERASI BILANGAN PECAHAN
Aulia Romadhoni

Last modified: 2021-01-27

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkategorikan jenis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika materi operasi bilangan pecahan dengan menggunakan teori Newman yaitu (1) kesalahan membaca soal, (2) kesalahan memahami soal, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan ketrampilan proses, (5) kesalahan penulisan jawaban akhir dan untuk mengetahui kesalahan apa yang paling banyak dilakukan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Data yang diperoleh dari subyek berupa hasil jawaban tes uraian, yang kemudian di analisis dan dikategorikan menurut teori Newman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kesalahan subyek dalam menyelesaikan soal pada operasi bilangan pecahan yang paling banyak terjadi adalah tipe kesalahan keterampilan proses, dimana kesalahan-kesalahan yang dilakukan subjek meliputi kesalahan dalam konsep menghitung operasi pengurangan bilangan pecahan serta konsep dalam operasi penjumlahan ruas kanan dan ruas. Harapannya perlu penanaman konsep kepada siswa terutama pada materi yang menjadi materi prasyarat untuk materi berikutnya yakni materi pecahan.

This study aims to categorize the types of errors of junior high school students in solving math problems on the operating material of fractions using Newman's theory, namely (1) reading errors, (2) misunderstanding problems, (3) transformation errors, (4) processing skills errors, ( 5) mistakes in writing the final answer and to find out what mistakes were mostly made by students. The data collection techniques used in this study were tests and interviews. The data obtained from the subjects were in the form of essay test answers, which were then analyzed and categorized according to Newman's theory. The method used in this research is descriptive qualitative research. Based on the data analysis, it was concluded that the subject's errors in solving problems in fractional number operations were the type of processing skill errors, where the errors made by the subject included errors in the concept of calculating the fraction subtraction operation and the concept in the addition operation of the right side and the segments . The hope is that it is necessary to instill concepts in students, especially in material which is the prerequisite material for the next material, namely fraction material.


Full Text: PDF