Universitas Islam Malang Conference, Seminar Nasional Pendidikan dan Ilmu Matematika (SENANDIKA) 2020

Font Size: 
PENALARAN KUANTITATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MEMBANDINGKAN DUA KUANTITAS
Yayan Eryk Setiawan

Last modified: 2021-01-13

Abstract


Salah satu tujuan terpenting dari pembelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan penalaran siswa yang salah satunya adalah penalaran kuantitatif. Salah satu jenis soal yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kemampuan penalaran kuantitatif adalah soal membandingkan dua kuantitas. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa dari 13 siswa kelas VIII SMP yang mengerjakan soal perbandingan dua kuantitas terdapat 1 siswa yang menyelesaikan dengan penalaran kuantitatif, sedangkan 12 yang lain menyelesaikan dengan perhitungan. Penalaran kuantitatif yang dilakukan oleh 1 siswa tersebut penting untuk dieksplorasi lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan penalaran kuantitatif siswa yang telah menunjukkan penalaran kuantitatifnya dalam menyelesaikan soal perbandingan dua kuantitas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap 1 subjek siswa kelas VIII SMP. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari satu soal perbandingan kuantitas. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil pekerjaan siswa dan hasil wawancara subjek. Hasil pekerjaan subjek dianalisis untuk mengetahui cara yang digunakan dalam membandingkan dua kuantitas. Sedangkan data hasil wawancara dianalisis dengan pengkodean kata-kata untuk menunjukkan tahap-tahap penalaran kuantitatif subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran kuantitatif yang dilakukan oleh subjek dalam membandingkan dua kuantitas terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama yaitu mencari hubungan dua kuantitas. Tahap kedua yaitu mengevaluasi hubungan dua kuantitas. Tahap ketiga yaitu menentukan perbandingan dua kuantitas.

One of the most important goals of learning mathematics is to develop students' reasoning abilities, one of which is quantitative reasoning. One type of problem that can be used to identify quantitative reasoning abilities is a matter of comparing two quantities. The results of the preliminary research showed that out of 13 students of class VIII SMP who worked on the two-quantity comparison questions, there was 1 student who finished with quantitative reasoning, while 12 others finished with calculations. Quantitative reasoning carried out by 1 student is important to be explored further. This study aims to explore the quantitative reasoning abilities of students who have demonstrated their quantitative reasoning in solving two-quantity comparison questions. This research is a qualitative descriptive study with a case study approach to one subject of grade VIII junior high school students. The instrument used in this study consisted of a quantitative comparison question. The data collected in this study are the results of student work and the results of subject interviews. The results of the subject's work were analyzed to determine the method used in comparing the two quantities. While the interview data were analyzed by coding words to show the stages of the subject's quantitative reasoning. The results showed that the quantitative reasoning carried out by the subjects in comparing two quantities consisted of three stages. The first stage is to find a relationship between two quantities. The second stage is to evaluate the relationship between two quantities. The third stage is to determine the ratio of two quantities.


Full Text: PDF