##manager.scheduler.building##: MODEL PEMBELAJARAN
##manager.scheduler.room##: B6.07
Date: 2019-12-14 01:00 PM – 01:10 PM
Last modified: 2019-12-12
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pembelajaran moving class dan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tanjunganom, Nganjuk tahun ajaran 2012/2013. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tanjunganom, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program IPA di SMA Negeri 1 Tanjunganom sebanyak 133 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Metode dokumentasi untuk mengambil data prestasi belajar matematika siswa, metode kuesioner digunakan untuk mengambil data sistem pembelajaran moving class dan minat belajar matematika siswa. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanjunganom dengan jumlah responden (N)=26. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach’s. Uji hipotesis terdiri dari regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. sebesar 0,000 (p<0,05) maka terdapat pengaruh positif dan signifikan sistem pembelajaran moving class dan minat belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Tanjunganom. Dan di dapatkan model regresi linear berganda yaitu .
Â
Kata kunci : Sistem Pembelajaran Moving Class, Minat Belajar Siswa, Prestasi Belajar.