Universitas Islam Malang Conference, SENANDIKA 2019

Font Size: 
PERSEPSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN KELOMPOK DAN INDIVIDU
Nurul Azizah

##manager.scheduler.building##: KECEMASAN DAN ISLAMI
##manager.scheduler.room##: B5.05
Date: 2019-12-14 01:00 PM – 01:10 PM
Last modified: 2019-12-12

Abstract


Abstrak Pada penelitian ini banyak guru yang masih hanya menggunakan metode Direct Interaction (DI) dengan alasan (1) masih minimnya media pembelajaran, (2) kurangnya alat peraga untuk materi pembelajaran yang menggunakan alat peraga, (3) kenakalan siswa yang membuat guru tidak berani untuk memulai pembelajaran dengan metode kooperatif (4) lebih senang menggunakan metode Direct Interaction (DI) karena tidak ribet dan gampang dijalankan, (5) siswa banyak yang bermalas-malasan dalam pembelajaran individu, (6) siswa banyak yang tidak memperhatikan saat pembelajaran individu. Maka penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui persepsi siswa dalam pembelajaran kelompok. Sumber data penelitian ini berasal dari siswa dengan melakukan teknik pengumpulan data yakni dengan non tes (observasi dan wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat membutuhkan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran dan keaktifan siswa meningkat. Banyak diantara siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran individu, ketika pembelajaran kelompok siswa tersebut aktif. Pengaruh yang membuat siswa aktif yaitu (1) siswa lebih suka mengerjakan dan berfikir bersama-sama, (2) lebih mudah dalam memecahkan masalah, (3) menimbulkan rasa sosial, (4) meningkatkan rasa percaya diri, (5) meningkatkan bakat kepemimpinan, (6) menghilangkan kebosanan, (7) komunikasi lebih terampil.