##manager.scheduler.building##: BUDAYA DAN SASTRA
##manager.scheduler.room##: B3.10
Date: 2019-12-14 01:50 PM – 02:00 PM
Last modified: 2019-12-12
Abstract
Dinda Rizki Tiara1
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Trunojoyo Madura
Email:1 dinda.rtiara@trunojoyo.ac.id
Â
ABSTRAK
Perilaku negatif anak usia dini dari kelompok marjinal terindikasi dari sikap anak yang kerap kali menunjukkan kebiasaan tantrum, berkata dan bersikap kasar, tidak mampu mengendalikan emosi, tidak disiplin, sering melanggar norma yang berlaku di masyarakat dan kecenderungan putus sekolah. Munculnya perilaku agresif dan anti sosial pada anak usia dini dari kelompok marjinal disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya pola asuh orangtua, minimnya edukasi, serta keadaan sekitar yang membiakkan kebiasaan dan perilaku buruk dari orang dewasa kepada anak-anak. Diperlukan agen pendidikan dari pihak eksternal untuk membantu penguatan karakter positif pada anak usia dini di kelompok marjinal. Program volunteer merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap rentan nya karakter positif pada anak usia dini dari kelompok marjinal. Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis program volunteer sebagai penguatan karakter positif anak di lingkungan marjinal dan pengaruh program volunteering dalam penguatan karakter positif anak.
Kata kunci : penguatan karakter, volunteer, anak usia dini