Universitas Islam Malang Conference, SENANDIKA 2019

Font Size: 
KEAKTIFAN SISWA YANG BERBALIK NILAI ANTARA NILAI INDIVIDU DENGAN KELOMPOK PADA METODE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) SISWA KELAS XI DI MA HASAN MUNADI BANGGLE BEJI PASURUAN
Siti Mufidah

##manager.scheduler.building##: KECEMASAN DAN ISLAMI
##manager.scheduler.room##: B5.05
Date: 2019-12-14 01:10 PM – 01:20 PM
Last modified: 2019-12-12

Abstract


Metode TGT (Teams games tournament) ini bertujuan untuk mengaktifkan siswa dalam Pembelajaran Matematika di kelas XI MA HASAN MUNADI yang sebelumnya menunjukkan ada siswa yang nilainya rendah dalam menyelesaikan permasalahan secara individu. Upaya untuk meningkatkan pembelajaran tersebut dengan menerapkan metode TGT. Pembelajaran ini diyakini sesuai dengan karakter siswa karena didalamnya terlibat diskusi kelompok yang melibatkan siswa  sehingga antar siswa berkerja sama dalam menyelesaikan permasalahan, serta adanya game dan hadiah yang menarik yang membuat siswa semangat dalam belajar. Permasalahan tersebut menerapkan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS HASAN MUNADI semester ganjil 2019-2020. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi untuk meningkatkan keaktifan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pembelajaran kooperatif metode TGT dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI IPS HASAN MUNADI yang tadinya nilai individunya rendah menjadi meningkat tetapi ada siswa yang tadinya secara individu nilainya tinggi menjadi rendah, sehingga dapat disimpulkan pola berfikir siswa dan gaya belajar setiap siswa berbeda.