Universitas Islam Malang Conference, SENANDIKA 2019

Font Size: 
PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING DAN PENDEKATAN M-APOS
ika cahya maharani, Surahmat Surahmat, Sikky El Walida

##manager.scheduler.building##: MODEL PEMBELAJARAN
##manager.scheduler.room##: B6.07
Date: 2019-12-14 02:10 PM – 02:20 PM
Last modified: 2019-12-12

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep dan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII-A SMP Islam 1 Batu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian terdiri dari: tes, angket, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Dalam penelitian ini, analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, dimana analisis data dalam penelitian ini dilakukan sejak sebelum penelitian, selama penelitian, dan setelah selesai penelitian. Berdasarkan hasil analisis data observasi pada kelas VIII-A dihasilkan rata-rata sebesar 86,09% untuk pendidik dengan kriteria sangat baik dan 86,38% untuk peserta didik dengan kriteria sangat tinggi. Sedangkan untuk hasil wawancara didapatkan 3 peserta didik dengan pemahaman konsep dan keaktifan belajar peserta didik tinggi, sedang dan rendah. Untuk peserta didik dengan pemahaman konsep dan keaktifan belajar tinggi memenuhi semua indikator. Sedangkan untuk peserta didik dengan pemahaman konsep dan keaktifan belajar sedang memenuhi tiga indikator dari lima indikator dan untuk peserta didik dengan pemahaman konsep dan keaktifan belajar rendah memenuhi dua indikator dari lima indikator. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemahaman konsep dan keaktifan belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran resource based learning dan pendekatan M-APOS sangat baik.

Kata kunci: pemahaman konsep, keaktifan belajar, model pembelajaran resource based learning dan pendekatan M-APOS.