Universitas Islam Malang Conference, SENANDIKA 2019

Font Size: 
Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Kain Perca Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP/MTs Pada Materi Bangun Ruang
Muhammad Fikri Azmi Alfaqih

Last modified: 2019-11-09

Abstract


Pembelajaran berbasis proyek merupakan suatu strategi pengajaran sistematis yang melibatkan para siswa dalam mempelajari pengetahuan dan keterampilan melalui proses yang terstruktur, pengalaman nyata dan teliti yang dirancang untuk menghasilkan produk. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek dalam pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang, dan (2) Mengetahui efektifitas pembelajaran PjBL dengan menggunakan kain perca dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif yang harus dimiliki siswa ialah bagaimana membuat produk konseptual mengenai bangun ruang menggunakan kain perca yang didapat dari sekeliling kita. Berdasarkan penelitian terdahulu mengenai pembelajaran berbasis proyek ini dalam kaitannya dengan pembuatan media menyatakan bahwa sebanyak 42% sangat sejuju, 32% setuju bahwa model ini cocok dalam meningkatkan kemampuan kreatifitas. Melalui Pemanfaatan kain perca ini diharapkan siswa dapat mengoptimalkan sesuatu yang menurut kebanyakan orang tidak lagi berguna, namun dengan kegiatan berpikir kreatif yang dimaksud dapat digunakan untuk membuat model produk yang berkaitan dengan materi bangun ruang.