##manager.scheduler.building##: LITERASI
##manager.scheduler.room##: B3.12
Date: 2019-12-14 01:40 PM – 01:50 PM
Last modified: 2019-12-12
Abstract
ANALISA PENERAPAN METODE HOTS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 15 SURABAYA
Mukhsin Al Amin
D4 Teknik Permesinan Kapal , Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Email: gokcenpersid@gmail.com
Fariz Andika Firmansyah
D4 Teknik Permesinan Kapal , Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Email: farizandika96@gmail.com
Naufal Adi Hidayah
D4 Teknik Permesinan Kapal , Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Email : adihidayah.202@gmail.com
Annas Firmansyah
D4 Teknik Permesinan Kapal , Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Email : firmansyah.annas1945@gmail.com
Denny Oktavina Radianto
D3 Teknik Bangunan Kapal , Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Email: dennyoktavina@gmail.com
Â
ABSTRAK
Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan pada semua jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah, sampai sekolah tinggi. Akan tetapi, sampai saat ini matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit bagi sebagian besar siswa. Pada dasarnya matematika sebenarnya bukanlah mata pelajaran yang sulit. Namun kesalahan pada sistem pembelajaran itu yang membuat siswa memandang matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. HOTS (Higher Thinking Order Skill) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, dan berpikir kreatif yang merupakan berpikir tingkat tinggi yang bertujuan untuk mengasah keterampilan mental seputar pengetahuan. Makalah ini bertujuan untuk meluruskan cara pandang siswa terhadap mata pelajaran matematika yang sulit. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Â Dengan adanya metode pembelajaran HOTS (Higher Thinking Order Skill) akan membentuk kemampuan bernalar pada siswa yang tercermin melalui kemampuan berpikir kritis, logis, sistematis, dan memiliki sifat objektif, jujur, disiplin dalam memecahkan suatu permasalahan baik dalam bidang matematika maupun bidang lain dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran dengan metode HOTS sangat tepat digunakan untuk meluruskan cara pandang siswa terhadap mata pelajaran matematika yang sulit, sehingga matematika tidak menjadi momok lagi bagi siswa.
Kata kunci : Pendidikan Matematika, Metode HOTS, Cara Pandang
ABSTRACT
Mathematics is a subject that is taught at all levels of education, starting from elementary school, middle school, to high school. However, until now mathematics was still considered a difficult subject for most students. Basically mathematics is actually not a difficult subject. But mistakes in the learning system that make students view mathematics is a difficult subject. HOTS (Higher Thinking Order Skill) is the ability to think critically, logically, reflectively, and think creatively which is a high level of thinking aimed at honing mental skills around knowledge. This paper aims to align students' perspectives on difficult math subjects. This type of research is a type of qualitative research. With the HOTS (Higher Thinking Order Skill) learning method will form the ability to reason in students which is reflected through the ability to think critically, logically, systematically, and have an objective, honest, disciplined nature in solving problems both in mathematics and other fields in daily life -day. Thus, learning by the HOTS method is very appropriate to be used to align students' perspectives on difficult math subjects, so that mathematics does not become a scourge anymore for students.
Keywords : Mathematics Education, HOTS Method, Method of Viewing
Â