Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PELATIHAN MATERI FISIOLOGI MANUSIA GUNA MENJAGA IMUNITAS DI MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK SISWA SMA NEGERI 1 PURWOSARI
Dwi Candra Setiawan, Riyanto Riyanto, Trio Ageng Prayitno, Primadya Anantyarta, Nila Kartika Sari, Nikmatul Iza, Nuril Hidayati

Last modified: 2022-01-24

Abstract


Pandemi Covid-19 memberikan dampak hampir di segala sektor, tidak terkecuali pendidikan. Pendidikan yang semula dilakukan secara langsung dengan tatap muka harus beralih menjadi online. Hal ini tentu mempengaruhi psikologis siswa, sehingga juga dapat mempengaruhi kesehatan siswa terutama imunitas mereka. Perlu dilakukan pelatihan kepada siswa untuk mempersiapkan mereka, terutama dalam menjaga imunitas mereka di masa pandemi ini. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan materi fisiologi hewan guna menjaga imunitas siswa di masa pandemi Covid-19. Pengabdian dilakukan secara daring dengan menggunakan ruang zoom meeting. Mitra dalam pengabdian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Purwosari Pasuruan. Pemaparan materi pelatihan dilakukan 2 kali pertemuan. Hasil dari pengabdian ini adalah siswa dapat mengenal mekanisme fisiologis tubuh mereka sehingga dapat menjaga imunitas tubuh mereka di masa pandemi Covid-19

Keywords


pelatihan; fisiologi; imunitas; pandemi; covid-19

References


Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review : Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia A Systematic Review : The Impact of Online Lectures during the COVID-19 Pandemic Against Indonesian Students. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2).

Chan, F dan Wahyuni, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran dengan Menggunakan Media Gambar Terhadap Pemahaman Siswa pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar (JGPD), 1(1), 41-60.

Handayani, D., Hadi, D.R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirolog, 40 (2), 119-129.

Khusnuridlo, M., Purnomo, M.H., Ain, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Autoplay Media Studio dan Focusky Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(2), 61-78.

Nurcita, B., & Susantiningsih, T. (2020). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Dan Physical Distancing Pada Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “ Veteran †Jakarta Pendahuluan World Health Organization ( WHO ) menetapkan Corona virus desease 2019 atau Covid-19. 3(1), 58–68.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.

Sadiman, et.al. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali Pers: Jakarta.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid  19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508.

Wardani, F.T., Ibrahim, M.Y., Zakso, A. (2013). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(6), 1-12.

Full Text: PDF | 554-559