Last modified: 2022-01-26
Abstract
Peningkatan kompetensi dosen merupakan merupakan hal mutlak yang perlu ditingkatkan secara terus menerus untuk menunjang terlaksananya tri dharma perdosenan tinggi yaitu pendidikan, ilmiah dan pengabdian. Upaya kongkrit yang perlu dilaksanakan adalah pelatihan penulisan artikel ilmiah. Pelatihan penulisan artikel ilmiah dilakukan dalam rangka meningkatkan komptensi dosen dalam menulis artikel ilmiah. Pelatihan yang dilaksanakan dalam rangka kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) membekali dosen dalam hal strategi menulis artikel ilmiah sesuai standar jurnal penulisaan pada jurnal terakreditasi, dan (2) membekali dosen dalam teknis dan proses publikasi artikel ilmiah pada jurnal terakreditasi. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode ceramah, diskusi dan praktik. Metode ceramah untuk menyampaikan tentang penulisan artikel ilmiah, prosedur publikasi artikel ilmiah pada jurnal, metode diskusi digunakan untuk mendisusikan artikel masing-masing dosen, sedangkan metode praktik untuk memberikan kesempatan berlatih kepada peserta untuk membuat tulisan artikel ilmiah. Secara keseluruhan kegiatan pengabdian dinilai cukup baik, hal ini dilihat dari ketercapaian target jumlah peserta pelatihan dinilai baik (95,%) atau 11 dosen dari total 12 dosen, ketercapaian tujuan pelatihan dinilai baik (85%), ketercapaian target materi yang telah direncanakan dinilai baik (80%), dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi dinilai baik (80%). Kegiatan pengabdian telah mampu meningkatkan pemahaman dosen STIQ Wali Songo Situbondo tentang strategi peulisan artikel ilmiah secara benar dan diharapkan dosen dapat submit pada jurnal terakreditasi
Keywords
References
Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Affandi, L. H., & Sukardi, S. (2021). Pendampingan Penggunaan Latex Untuk Penyesuaian Format Artikel Bagi Dosen Dan Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Universitas Mataram. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 420–425. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11557
Firmansyah, A., Arham, A., & Qadri, R. A. (2020). Pelatihan Melalui Web Seminar Terkait Penulisan Artikel Berbasis Bibliographical Research Method Dalam Bidang Akuntansi Untuk Publikasi Pada Jurnal Internasional Bereputasi. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 37. https://doi.org/10.36841/integritas.v4i1.564
Hidayat, T. (2006). METODOLOGI PENULISAN ARTIKEL ILMIAH. 58.
Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H. (2019). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 30–36. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.200
Rohmah, N., & Huda, M. A. (2016). Strategi Penigkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah.(Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan, 1(7), 1312–1322.
Rozi, F., Feriyansyah, F., Sitohang, R., Laurensia, L., & Ananda, lala jelita. (2018). PENGEMBANGAN BUDAYA MUTU DOSEN DALAM PENULISAN ARTIKEL ILMIAH DI JURNAL TERAKREDITASI DI JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Sekolah, 2(2), 9–16.
Slameto, S. (2016). Penulisan Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 46. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p46-57
Swandayani, D. (2014). Menulis Artikel Ilmiah, Sulitkah? Jurnal Keperawatan Indonesia, 5(2), 72–75. https://doi.org/10.7454/jki.v5i2.109
Udil, P. A. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah penelitian tindakan kelas untuk publikasi pada jurnal iIlmiah. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v2i1.257
Wardani. (2016). Teknik Penulisan Karya Ilmiah. 1–40.
Yunita T. Winarto, dkk. (2007). Karya Tulis Ilmiah Sosial: Menyiapkan, Menulis dan Mencermatinya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.