Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PEMBERDAYAAN KELOMPOK KARAWITAN KARANG TARUNA SETYO LARAS MELALUI REAKTUALISASI BRANDING CONTENT CREATOR HYBRID SYSTEM
Kamelia Oktafiyanti, Nurul Humaidah, Audrey Erlianti, Fatimatuzzahro Muharromah

Last modified: 2022-01-22

Abstract


karawitan mengalami dampak penurunan pendapatan dari hasil manggung. Hal ini terjadi juga pada Kelompok Seni Karawitan Setyo Laras Dusun Gondang Bumiaji Batu. Aktivitas “Ngamen” pada pagelaran seni karawitan menjadi terhambat karena adanya PPKM. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberdayakan kelompok karawitan dengan memperkuat branding kesenian melalui reaktualisasi content creator berbasis hybrid system yang dimuat pada platform-platform digital. Metode yang digunakan adalah metode pemberdayaan berupa penyuluhan dan pendampingan olah vokal dengan cara kombinasi (hybrid system) yaitu online dan offline tentang pengetahuan dan teknologi pembuatan Video Content Creator Hybrid System. Hasil penerapan teknologi content creator hybrid system menghasilkan video konten seni karawitan kreatif dan inovatif yang dilakukan secara mandiri oleh anggota paguyuban Setyo Laras sehingga dapat meningkatkan pemasukan berkelanjutan walaupun masih ada PPKM


Keywords


seni karawitan; branding; content creator; hybrid system

References


Kusuma, D. F. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital yang dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1).

Mendayun, I. &. (2018). Efek Komunikasi Massa Program Citizen Report di Radio PRFM Bandung. Kajian Jurnalisme, 02, 98-114.

Nengsih, V. (2017). Hybrid System. Jurnal, https://id.scribd.com/document/348200394/Hybrid-System.

Sidik, Y. P. (2019). Strategi Pembelajaran Karawitan Dalam Kegiatan Ekstrakulkuler di SMP Negeri 1 Bodeh Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Jurnal Seni Musik, 8.

Full Text: PDF | 479-485