Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2021

Font Size: 
PENINGKATAN KESEHATAN LANSIA DI MASA PANDEMI COVID 19 DENGAN SENAM SEHAT
Elis Anita Farida, Khurin In Wahyuni

Last modified: 2022-01-19

Abstract


Senam sangat bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motor ability). Orang - orang yang terlibat senam akan berkembang daya tahan ototnya, kekuatannya, powernya, kelenturannya, koordinasi, kelincahan, serta keseimbangan. Lansia akan mengalami kemunduran terutama di bidang kemampuan fisik sehinggga mengakibatkan timbulnya gangguan dalam hal mencukupi kebutuhan sehariharinya (ADL) yang berakibat dapat meningkatkan ketergantungan untuk memerlukan bantuan orang lain. Salah satu cara untuk memperbaiki kesehatan lansia adalah dengan senam lansia. Senam lansia membuat tubuh agar tetap bugar dan tetap segar sehingga bermanfaat untuk menghambat proses degeneratif/penuaan. Program senam lansia ini menjadi salah satu kegiatan yang bermanfaat dan tepat untuk memperbaiki Kesehatan lansia masyarakat desa mojorejo. Program senam lansia ini dilaksanakan di balai desa Mojorejo dan bekerjasama dengan ibu-ibu PKK.


Keywords


senam lansia; kesehatan; manfaat

References


Ni Putu Dewi Sri Wahyuni (2015) ‘SEHAT DAN BAHAGIA DENGAN SENAM BUGAR LANSIA Ni’, 3, p. 2015. Available at: http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000.

Noorkasiani, T. (1982) Kesehatan usia lanjut dengan pendekatan asuhan keperawatan.

R. Siti Maryam (2008) Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya - Google Books. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=jxpDEZ27dnwC&oi=fnd&pg=PR5&ots=CAO0i6mc-5&sig=QZ8UzKKHt8tnju3Y101ntx2x54A&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false (Accessed: 28 November 2021).

Rusandi D (2014) ‘Pengaruh Senam Kaki Terhadap Tingkat Sensitivitas dan Kadar Gula Darah PAda Penderita DIabetes Melitus Di Kelurahan Banyu Raden Gamping Sleman’. Available at: http://repository.unjaya.ac.id/953/.

Siti Nur Kholifah (2016) Keperawatan Gerontik.

Full Text: PDF | 43-47