Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2020

Font Size: 
PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF BAGI GURU SEJARAH SMAKOTA JAYAPURA DI ERA PANDEMI COVID-19
Susanto T. Handoko, Albert Rumbekwan

Last modified: 2021-01-02

Abstract


Pelatihan ini membekali dan menyiapkan guru-guru sejarah SMA Kota Jayapuradalam mengahadapi tantangan pembelajaran abad ke-21 khususnya di EraPandemi Covid-19. Materi pelatihan meliputi: pedagogik, peran dan profilguru abad ke-21, pembelajaran inovatif (HOTS, TPACK dan 4C), perancanganpembelajaran Inovatif, Ke-Papuaan dan Ke-Indonesiaan, workshop RPP Daringdan simulasi New Model Peer Teaching. Komunitas atau mitra dalam kegiatanpelatihan ini adalah guru-guru sejarah yang masa kerja kurang dari 6 tahun.Dengan pertimbangan bahwa para guru sejarah tersebut sangat strategiskarena dianggap mampu dan mau untuk dilibatkan dalam penerapan IPTEKS,serta dapat menyebarluaskan hasil kegiatan pada anggota komunitas sasaranyang lain. Adapun metode pelatihan berupa: ceramah, tanya jawab, diskusi,pembuatan RPP (workshop) dan praktik mengajar (New Model Peer Teaching).Hasil pelatihan menunjukkan bahwa: (1). Guru mampu mengembangkaninternalisasi Ke-Papuaan dan Ke-Indonesiaan dalam pembelajaran sejarahSMA Kota Jayapura. (2). Guru mampu mengembangan Pembelajaran Inovatifdalam pembelajaran sejarah SMA Kota Jayapura.

Keywords


Pembelajaran Inovatif, Guru Sejarah, Kota Jayapura, PandemiCovid-19

References


Aryana, Y., dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pujiriyanto, 2019. Modul 2: Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kemendikbud.

Handoko, S.T. 2018. Relasi Papua dan Indonesia: Dari Kolonial Hingga Otonomi Khusus. Semarang: Fastindo.

Handoko, S.T. 2019.  “Relasi Ke-Papuaan dan Ke-Indonesiaan Dalam Pemaknaan Siswa SMA Kota Jayapura”. Disertasi, Semarang: Program Pascasarjana UNNES.

Handoko, S.T., & Hasirun, L.A., 2019. “Relasi Nasionalisme Etnik, Nasionalisme Negara dan Nasionalisme Kewarganegaraan Di Papua”. Jurnal Sejarah Citra Lekha, Vol. 4, No. 2, 2019, hlm. 100-110 | E-ISSN: 2443-0110. DOI: https://doi.org/10.14710/ jscl.v4i2.24269.

Handoko, S.T., & Wasino, 2020. “Discourse on Relations Between Indonesia and Papua: Content Analysis of History Textbook of 2013 Curriculum”. Paramita: Historical Studies Journal, 30(1), 2020, 23-35. ISSN: 0854-0039, E-ISSN: 2407-5825. DOI: https://doi.org/10.15294/paramita.v30i1.16215

Hasan, S. H. 2012. “Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter”. Jurnal Paramita, 22(1): 81-95.

Miyarso, E. 2019. Perancangan Pembelajaran Inovatif, Jakarta: Kemendikbud.

Yermiandhoko, Y., Karsono, & Abdul Fatah, A. 2020. Modul Penyegaran Dosen/Instruktur Pendidikan Profesi Guru, Jakarta: Kemendikbud – Ditjen GTK.


Full Text: PDF