Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2020

Font Size: 
APLIKASI VIDEO CONFERENCE: PEMANFAATAN SERTA POTENSINYA UNTUK KOLABORASI ILMU PENGETAHUAN DI MASA PANDEMI
Raidah Intizar Yusuf, Musdalifah Musdalifah

Last modified: 2021-01-15

Abstract


KKN Tematik COVID-19 Universitas Islam Makassar yang berlangsung pada bulan Oktober-November 2020 guna mendukung program pemerintah dalam penanggulangan dampak pandemi. Salah satu kelompok KKN di Kelurahan Paccerrakkang, Makassar, Sulawesi Selatan membuat program webinar dengan tema “Kontribusi Milenial dalam Meredam Penularan COVID-19”. Webinar ini memanfaatkan aplikasi konferensi video dengan menghadirkan pemateri tenaga medis yang merupakan garda depan dalam menangani pasien COVID-19. Webinar tersebut menarget kalangan muda yang merupakan pihak yang dirugikan pandemi dari segi penerapan pendidikan dan perluasan jejaring sosial. Dugaan penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa orang-orang yang dirugikan oleh pandemi cenderung menganggap pandemi merupakan hoax, ditambah dengan putusnya informasi dan minimnya kolaborasi lintas ilmu pengetahuan mencegah perolehan pengetahuan dari sumber terpercaya. Meski di sisi lain, hal tersebut penting bagi masyarakat untuk mendapatkan langsung informasi dari tangan pertama yang berbasis bukti dan ilmu pengetahuan.  Hasil dari webinar tersebut adalah tercapainya kolaborasi lintas ilmu dan kalangan milenial, khususnya yang berada di Kelurahan Paccerrakkang, mendapatkan informasi yang benar. Di masa depan, aplikasi video conference yang digunakan untuk berbagai kegiatan daring akan sangat berguna untuk memaksimalkan kolaborasi lintas bidang, khususnya di masa pandemi, ketika masalah yang muncul bukan hanya aspek kesehatan, masalah sosial ekonomi bertabrakan dan menuntut penyelesaian secara menyeluruh.

Keywords


webinar; video conference; kolaborasi; KKN Tematik Covid-19

References


Ali, S., & Fox, R. (2020, August 11). Generation pandemic: Why leaders must include youth in coronavirus response. Retrieved November 28, 2020, from Oxfam International: https://www.oxfam.org/en/blogs/generation-pandemic-why-leaders-must-include-youth-coronavirus-response

Cathy Li & Farah Lalani. (2020, April 29). The COVID-19 pandemic has changed education forever. This is how. Retrieved November 29, 2020, from World Economic Forum: https://www.weforum.org/agenda/2020/04/coronavirus-education-global-covid19-online-digital-learning/

Matt Binder. (2020, July 18). Zoom just destroyed TikTok's download record. Retrieved November 28, 2020, from Mashable: https://mashable.com/article/zoom-tiktok-download-record/

OECD Policy Responses to Coronavirus (COVID-19). (2020, June 11). Youth and COVID-19: Response, recovery and resilience. Retrieved November 29, 2020, from OECD.org: https://www.oecd.org/coronavirus/policy-responses/youth-and-covid-19-response-recovery-and-resilience-c40e61c6/

Tufekci, Z. (2020, September 4). The Pandemic Is No Excuse to Surveil Students, Trying to do so is all but useless. Retrieved November 29, 2020, from The Atlantic: Technology: https://www.theatlantic.com/technology/archive/2020/09/pandemic-no-excuse-colleges-surveil-students/616015/

UNICEF. (2020, June 16). Indonesia: As guidance on school reopening is released, new surveys show how students are learning from home. Retrieved 11 27, 2020, from UNICEF.ORG: https://www.unicef.org/indonesia/press-releases/new-surveys-show-how-students-are-learning-from-home

Wang, J., & Du, G. (2020, March 24). COVID-19 may transmit through aerosol. Nature Public Health Emergency Collection, doi: 10.1007/s11845-020-02218-2.

WHO. (2020, July 9). Coronavirus disease (COVID-19): How is it transmitted? Retrieved 11 27, 2020, from WHO.INT: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19-how-is-it-transmitted

Full Text: PDF