Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2022

Font Size: 
PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN BRILIAN BATIK MELALUI DIVERSIFIKASI PRODUK DAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN
Eny Widayawati, M Al Yasirri Ardi Rohmi, Novangga Fahriza Putra, Muhammad Fardan Adzkiya, Muhammad Tyas Fariskal Ardyansyah, Erika Diah Safitri, Miftakhul Nurjanah, Yuliana Dewi Permata Sari, Adida Purnomo, Nikmatur Rosidah, Navila Firdiani Inanda, Salsabila Bernika Putri Aulia

Last modified: 2023-01-11

Abstract


Bocek merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Desa Bocek sendiri memiliki beberapa potensi sumber daya alam yang melimpah seperti  pertanian, peternakan, perkebunan, dan kerajinan batik. Dari semua sumber daya yang ada, sektor kerajinan batik yang menjadi fokus yang dapat dikembangkan dengan melakukan pengembangan dan menggencarkan pemasarannya. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat membatik pada warga  dan membuat batik lebih dikenal masyarakat luas bukan hanya di desa bocek. Media yang dilakukan untuk meningkatkan minat adalah dengan sosialisasi potensi batik dan Media yang digunakan dalam mengencarkan pemasarannya adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan promosi lewat media sosial. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar kerajinan batik lebih diminati warga dan  lebih dikenal oleh masyarakat luas serta tujuan akhirnya membangkitkan kerajinan batik di Desa Bocek.

Keywords


digital marketing; development produk, penjualan

References


Afridhal, M. (2017). Muhammad Afridhal. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 223–233.

Ekon.go.id. 2021. Siaran Pers. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. https://ekon.go.id/publikasi/detail/3305/diversifikasi-produk-batik-mendukung-pemulihan-ekonomi-nasional

Gunawan, Barbara. 2020. Pendampingan Industri Rumahan Batik di Trimurti Srandakan Bantul Yogyakarta. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(2), 209-214. http://journal.upgris.ac.id/index.php/edimas/article/view/4236/3264

Jasmani.2019. Pengaruh Product Development Dan Promotion Mix Terhadap Peningkatan Penjualan Yang Berdampak Pada Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Industri Baja Lapis Seng Di Indonesia). Jurnal Ekonomi Efektif, Vol. 1, No.2

Kusumaningtyas, Rindia Fanny; Anitasari, Rahayu Fery; Kamal, Ubaidillah,; dan Aufa, Rina. 2018. Peran Pengrajin Batik dan Pelaku Usaha dalam Pengembangan Usaha Batik di Kabupaten Grobogan Sebagai Upaya Pemelestarikan Motif Batik Khas Kabupaten Grobogan (Sosialisasi Peraturan Perundang-Undang di Bidang Kekayaan Intelektual). Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia. JPHI, 01(1): 67-78

Kotler dan Keller (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Macaman Jaya Cemerlang.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.4 5

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.0 1

Simatupang, T. M., & Widjaja, F. B. (2012). Benchmarking of Innovation Capability in the Digital Industry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 65(ICIBSoS), 948– 954. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.1 1.225

Full Text: PDF | 308-315