PELATIHAN DASAR PEMROGRAMAN UNTUK MEMBANGKITKAN MINAT SISWA PADA DUNIA PEMROGRAMAN DI SMK KRISTEN ELIM
Paulus Lucky Tirma Irawan, Yohanna Nirmalasari
Last modified: 2023-01-10
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berlangsung begitu cepat menuntut berbagai aspek kehidupan untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Digitalisasi sistem dan aplikasi sebagian besar dilakukan menggunakan bahasa pemrograman sesuai dengan platform kerja dari sistem dan aplikasi tersebut. Berbagai upaya di bidang pendidikan telah dilakukan. Salah satunya berkenaan dengan bagaimana meningkatkan proses pembelajaran di sekolah dan bagaimana menumbuhkembangkan ketrampilan abad 21 melalui pembelajaran pemrograman. Salah satu solusi untuk mengenalkan bahasa pemrograman untuk siswa adalah melalui pengadaan seminar atau pelatihan untuk memberikan wawasan, pengetahuan umum maupun motivasi. Melalui pelatihan diharapkan siswa mendapatkan motivasi yang lebih besar lagi, sekaligus pengalaman menggunakan bahasa pemrograman secara nyata. Pelatihan dasar pemrograman di SMK Kristen Elim Malang telah berjalan dengan baik dan mendapatkan respon yang baik juga. Dari hasil pengukuran didapatkan rata-rata nilai keseluruhan terhadap parameter materi pelatihan 4.00 dan 4.06 untuk pemateri pelatihan (skala 1-5). Hasil pengamatan observer terhadap peserta belajar juga menunjukkan hasil yang memuaskan dengan mendapatkan rata-rata keluruhan komponen yang dinilai 92.6 (skala 1 - 100). Hal ini menunjukkan minat dan antusiasme peserta belajar terhadap dunia pemrograman cukup tinggi.
Keywords
pemrograman; program; python; teknologi informasi; website
References
Abesadze, S. and Nozadze, D. (2020). “Make 21st Century Education: The Importance of Teaching Programming in Schools†Int. J. Learn. Teach., pp. 158–163. The University of Georgia, Tbilisi, Georgia.
Adellia, R. dan Himawati, I.P. (2021). September. Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. In SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 3, pp. 142-150).
Anwar, R.N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), pp.210-219.
Cholik, C.A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Pendidikan Di Indonesia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6), pp.21-30.
Estonia, dkk. (2016). “The Role of Programming Experience in ICT Students’ Learning Motivation and Academic Achievement,†Int. J. Inf. Educ. Technol., vol. 6, no. 5, pp. 331–337. the University of Tartu, Ülikooli 18, Tartu50090.
Keller, JM. (2010). Motivational Design for Learning and Performance: The ARCS Model Approach. Springer US. doi: 10.1007/978-1-4419-1250-3.
Yudertha, A., dkk. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Pengenalan Dasar Pemrograman JAVA Dengan Model ARCS. Computer Based Information System Journal Vol. 4 No.2.
Â