Universitas Islam Malang Conference, Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat (KOPEMAS) 2022

Font Size: 
PENGENALAN SISTEM PENGEBORAN DAN PELEDAKAN PADA INDUSTRI PERTAMBANGAN DI SMK TEKNOLOGI NASIONAL PALEMBANG
RR. Yunita Bayuningsih, Alek Al Hadi, Bochori Harry Waristian, Mega Puspita

Last modified: 2023-01-11

Abstract


Pada program pengabdian ini akan diberikan sosialisasi dan pembimbingan dalam rangka memahami konsep teoritis, disertai video pembelajaran dan simulasi pengeboran dan peledakan di industri pertambangan, sehingga siswa-siswi di SMK Teknologi Nasional Palembang dapat memahami secara jelas dan rinci mengenai kegiatan pengeboran dan peledakan. Simulasi kegiatan pengeboran dan peledakan menjadi salah satu cara untuk memudahkan memahami kedua kegiatan tersebut. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, hasil riset disampaikan kepada siswa-siswi SMK Teknologi Nasional Palembang untuk memberikan gambaran dan pemahaman tentang kegiatan pengeboran dan peledakan di pertambangan. Hasil penyebaran kuesioner menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa/i dari sebelum dilakukan sosialisasi dan sesudah dilakukan sosialisasi.


Keywords


Pengeboran; Peledakan; Sosialisasi

References


Da Ash, R.L., (1990), “Design of Blasting Round, Surface Mining”, B.A Kennedy, Editor, Society for Mining, Metalurgy, and Exploration, Inc.

Badai, M.A., (2017). “Kajian Teknis Redesign Geometri Peledakan Untuk Mengurangi Boulder Dan Maningkatkan Produktivitas Alat Gali Muat Pada Quarry Pussar PT. Semen Baturaja (Persero), Tbk”. Universitas Sriwijaya.

Bieniawski, (1989), “Engineering Rock Mass Classification”, John Wiley & Sons, New York.

Jimeno, L.C., (1995), “Drilling and Blasting of Rocks”, Blaskena : Rotterdam, Netherlands.

Koesnaryo. S., (2001), ”Teori Peledakan”, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknologi Mineral dan Batubara, Bandung.

Konya, C.J dan Walter, E.J, (1990), “Surface Blast Design”, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey.

Moamar, (2014). “Kajian Teknis Geometri Peledakan Berdasarkan Analisis Blastability Index dan Digging Rate Alat Gali – Muat Di Pit MT-4 Tambang Airlaya PT. Bukit Asam (Persero) Tbk” Jurnal Ilmu Teknik Vol. 3 No 5 , Universitas Sriwijaya

Rai. A.M., (2000), ”Klasifikasi Massa Batuan”, Tim Dana Pengembangan Keahlian Sub Sektor Pertambangan Umum dan Lembaga Pengembangan Masyarakat ITB, Bandung

Taufik, M.T., (1995). “Analisis Fragmentasi Peledakan Terhadap Produktivitas Excavator PC-200 di Tambang Batuan Andesit PT. Bukit Asam (Persero), Tbk Tanjung Enim”. Universitas Sriwijaya.

 


Full Text: PDF | 446-452